Mantan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah Menerima Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha. Apa Dasarnya?

oleh
oleh
(ilustrasi tanda kehormatan. Sumber : https://satyalencana-new.sulselprov.go.id/)

Damarinfo.com – Dalam Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII (Dua Puluh Delapan) tahun 2024, Mantan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah bakal menerima Tanda Kehormatan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang akan diserahkan pada Upacara peringatan Hari Otoda di Balai Kota Surabaya, Kamis 25-April- 2024. Penganugerahan Tanda Kehormatan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 24/TK/Tahun 2024 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha

Wali Kota Surabaya Eri menjabarkan bahwa Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha diberikan kepada kepala daerah atas prestasi yang dilakukan. Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2021.

Baca Juga :   Panitia Pilkades Trucuk Terima Penghargaan

Hasil EPPD tahun 2022 tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri  (Mendagri) nomor 100.2.1.3-1109 Tahun 2023 Tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional Tahun 2022 Berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provins! Dan Kabupaten/Kota Tahun 2021.

Pada diktum ke tujuh Skor dan status kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah pada 3 (tiga) pemerintah provinsi, I0 (sepuluh) pemerintah kabupaten dan I0 (sepuluh) pemerintah kota dengan Skor Dan  Status Kinerja yang berprestasi tertinggi secara nasional diusulkan untuk dapat dipertimbangkan sebagai penerima penghargaan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha berupa Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada kepala daerah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan.

Baca Juga :   Benarkah Bojonegoro Raih Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi se Indonesia? Berikut Faktanya

Dalam lampiran SK Mendagri tersebut, 3 Provinsi yang mendapatkan skor tertinggi adalah Provinsi Jawa Tengah dengan skor 3,71, status tinggi , Provinsi DI Yogyakarta dengan skor 3,62, status Tinggi dan Provinsi Jawa Timur dengan skor 3,61, status tinggi.

Sementara itu hasil EPPD untuk 10 Kabupaten dengan skor tertinggi adalah

(Tangkapan Layar Potongan SK Menagri nomor 100.2.1.3-1109 Tahun 2023)

Kabupaten Bojonegoro beruntung meski status kinerjanya sedang tetapi masuk 10 tertinggi nasional sehingga diusulkan untuk dipertimbangkan mendapatkan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha.

Penulis : Syafik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *