Wow…Dua Pekan Sudah Ribuan Orang Kunjungi Bale Parawangsa. Kalahkan Tempat Wisata di Bojonegoro

oleh
oleh
(Pengunjung Pameran Seni Luksi "Re-Solusi" Bale Parawangsa Jalan Mliwis Putih Kelurahan Ngrowo Bojonegoro. Foto : Rahman)

Bojonegoro,damarinfo.com – Rumah sederhana itu ternyata mampu menggugah hati para pencinta sendi untuk berkunjung. Ya. Bale Parawangsa namanya, rumah di Jalan Mliwis Putih Keluruhan Ngrowo  yang dikontrak secara mandiri oleh para pegiat seni di Bojonegoro telah membuktikan, bahwa berkesenian tak perlu bergantung kepada siapa pun.

Secara mandiri mereka menggelar karya-karya seni mereka, seni musik, teater, lukis, pahat. Hampir tanpa jeda mereka membuat acara-acara untuk memberikan suguhan kepada masyarakat, tidak hanya masyarakat Bojonegoro namun juga dari luar Bojonegoro.

Dalam dua pekan ini sejak Tanggal 6 Januari 2023, mereka menggelar Pameran Seni Rupa bertajuk Re-Solusi. Tercatat 2.500 orang telah mengunjungi pameran seni rupa ini, itu pun yang mau mencatatkan namanya di buku tamu yang disediakan, bisa jadi jumlahnya lebih banyak.  Rata-rata per hari ada 178 orang yang menikmati sajian lukisan. Pengunjungnya beragam dari mulai pelajar, komunitas hingga masyarakat umum

“Sebenarnya beragam, namun yang paling tertib mengisi buku tamu adalah para pelajar,” Kata Rasa Rahman selaku operator Bale Parawangsa.

Baca Juga :   Bale Parawangsa Diserbu Emak-emak Pelaku Ekonomi Kreatif

Menurut Rasa Rahman, suasana Bale Parawangsa sudah mirip dengan destinasi wisata. Di mana berbagai aktifitas wisata terlihat saat pengunjung datang.

“Ada dampak ekonominya, pedagang di sekitar Bale juga bertambah omzetnya,” tambahnya.

Pihak Bale Parawangsa sendiri berharap agar kegiatan serupa menular di kecamatan-kecamatan lain.

“Minimal ada manfaat edukasi untuk pelajar di pelosok kecamatan. Dan syukur-syukur secara reguler meningkatkan kunjungan di desa,” tambah Eko Peye, inisiator pameran.

Baca Juga :   Kang Germo Sandur Buka Pameran “Katakan dengan Sketsa” di Bale Parawangsa

Secara non formal, pihak Bale Parawangsa juga telah mengkomunikasikan konsep ekosistem wisata ini ke beberapa kepala dinas.

“Sudah pernah bicara dengan mereka, kami tunjukkan bahwa kegiatan semacam ini juga efektif. Pengunjungnya tak hanya dari penjuru Bojonegoro, tapi juga dari luar kabupaten,” pungkasnya

Rata-rata pengunjung per hari ke Bale Parawangsa dalam Pameran Seni Lukis ini mengalahkan rata-rata kunjungan di tempat wisata di Bojonegoro, yang bisa mengalahkan hanya Wahana Wisatta Go Fun dengan jumlah pengunjung pada tahun 2022 sebanyak 881.889 orang atau rata-rata  per hari sebanyak 2.416 orang. (data.bojonegorokab.go.id)

Penulis : Syafik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *