Wisatawan Membludak, Wisata Pantai Kutang Terus Dipercantik

oleh
oleh
(Gazebo Tempat Wisatawan Istirahat Saat Berwisata di Pantai Kutang Brondong Lamongan. Foto diambil 11-1-2020. Foto : Totok)

Lamongan- Seiring semakin banyaknya wisatawan, Wisata Pantai Kutang (WPK) di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan terus dipercantik dengan menambah beberapa fasiltias, diantara gazebo untuk istirahat para wisatawan.  Kedepan Badan Usaha Milik DSesa (Bumdes) Barokah sebagai pengelola WPK berencana menambah permainan edukatif dan juga wahana kolam renang.  Selain itu itu juga direncanakan untuk melakukan pendalaman laut dan dan pemanfaatan mangrove dan tidak lupa akan dibangun lahan parkir.

“Saat ini baru dibangun tiga gazebo dan satu anjungan untuk tempat istirahat wisatawan,” kata Ketua Badan Usaha Milik DSesa (Bumdes) Barokah Makmur yang mengelola WPK, Syofik kepada Damarinfo.com, Sabtu 11-1-2020.

Ketua Unit Pengelola WPK, Manto menambahkan selama ini kunjungan wisatawan terus meningkat dari tahun ketahun. Jika hari biasa pengunjung 200 orang, namun di akhir pekan bisa mencapai 600 hingga 800 orang dan pada liburan nasional dan keagamaan bisa mencapai ribuan. Misalnya pada liburan tahun akhir tahun 2019 lalu pengunjungnya mencapai ribuan hingga tempat parkir yang disedikan tidak mencukupi.

Untuk menikmati Wisata bahari ini pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp. 4 ribu sudah termasuk asuransi . Tarif parkirnya juga tidak menguras kantong, untuk sepeda motor cukup membayar Rp. 2 ribu sementara mobil hanya Rp. 6 ribu.

Dari pengelolaan wisata yang menawarkan eksotika parorama laut dan rimbun menghijau tanaman mangrove, BUMDes mampu meraup pemasukan Rp. 30 – 40 Juta. Pendapatan ini digunakan untuk honor pengola WPK, perawatan jembatan, kebersihan dan untuk pengembangan fasilitas.

“Selain menjadi asset desa WPK juga memberikan dampak ekonomi cukup besar bagi masyarakat. ada sekira 25 warung yang dikelola oleh warga di WPK,” tambah Manto.

Penulis : Totok Martono

Editor : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *