Wisata Pantai Kutang Kembali Dibuka

oleh
Pintu masuk Wisata Pantai Kutang, Brondong, Lamongan, yang tetap menggunakan standar protokol kesehatan.Foto/Totok Martono

Lamongan-Di masa new normal Wisata Pantai Kutang (WPK) di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan mulai dibuka kembali untuk wisatawan. Namun protokol kesehatan tetap diterapkan untuk para pengunjung untuk mencegah dari penularan virus corona (covid-19).

Setelah ditutup lebih dari tiga bulan dampak dari pandemi virus corona, sejak Minggu (5-7-2020) obyek wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini kembali dikunjungi. Sebelum kembali dibuka untuk umum telah dilakukan persiapan khusus yang dilakukan pengelola WPK. “ Seperti arahan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan, sejumlah sarana protokol kesehatan disiapkan di lokasi wisata,” kata Kepala Unit pengelola WPK Ronal kepada Damarinfo.com, kamis (9-7-2020).

Baca Juga :   Pengunjung Wisata Bojonegoro Naik Jadi 1,3 Juta Lebih

Pihak pengelola WPK setiap pagi dan sore hari melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas wisata. Seperti di jembatan pelangi, gazebo dan lainnya. Di jalan depan loket pintu masuk jembatan pelangi dipasang tanda jaga jarak dengan warna cukup mencolok agar tidak terjadi kerumunan pengunjung. Petugas yang menggunakan masker dan penutup muka dengan plastik mika melakukan pengawasan ketat di depan loket agar tidak sampai terjadi kerumunan.

Bak tempat cuci tangan beserta sabun juga disediakan dibeberapa titik strategis untuk tempat cuci pengunjung. “Persyaratan yang wajib dipatuhi pengunjung yaitu harus memakai masker. Saat masuk kelokasi wisata petugas juga melakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermogan,” cetus Ronal.

Baca Juga :   Menteri Desa Kunjungi Desa Pejambon Bojonegoro

Dibukanya kembali WPK menjadi berkah bagi warga setempat yang membuka usaha makan minum di lokasi wisata. Mashuda, pedagang, mengaku dibukanya kembali WPK dirinya bisa kembali bekerja. “Sejak WPK ditutup tidak bisa jualan. Meski tidak seramai hari-hari biasa sebelum adanya corona,” katanya.

Para pengunjung antusias dengan dibukanya kembali WPK. Setelah berbulan-bulan berada dirumah, dengan berlibur di WPK bisa menyegarkan pikiran. Bisa mengajak keluarga liburan. Namun harus selalu hati-hati selama berada di lokasi wisata.”Hati-hati agar tidak sampai tertular Covid-19,” cetus Baharudin pengunjung asal Kecamatan Widang,Tuban.

Penulis :Totok Martono
Editor : Sujatmiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *