Warga yang Diisolasi Ditanggung dari Anggaran Desa

oleh
Salah satu lokasi isolasi yang disediakan Pemerintah Desa Sumberagung Kecamatan Kepohbaru, Bojonegoro.Foto/dok. Pemerintah Bojonegoro

Bojonegoro – Kebutuhan makan dan minum serta lain dari warga yang diisolasi akan dipenuhi oleh relawan desa yang diambilkan dari anggaran desa. Sedangkan warga yang akan diisolasi, pihak desa akan konsultasi dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).
“Para Kepala Desa sudah paham soal ini,” ujar Tenaga Profesional Pendamping Pembangunan dan Pendampingan Masyarakat Desa (TP P3MD) Kabupaten Bojonegoro Didik Wahyudi, Jumat 10-April-2020.

Menurut Didik, jumlah relawan bertambah, sudah 14.502 orang yang bergabung dalam relawan desa hari ini Jum’at 10-4-2020 . Jumlah ini menyebar di 376 Desa dan Keluarahan dari total 430 Desa/Kelurahan di Bojonegoro. Salah satu tugas Relawan Desa Lawan Covid-19 adalah menyiapkan lokasi untuk isolasi dan menyediakan logistik untuk lokasi isolasi. Ruang isolasi yang telah disiapkan oleh Relawan Desa hingga hari ini berjumlah 162 lokasi. “Itupun hanya kendala tehnis karena kades baru dilantik,” imbuhnya.

Baca Juga :   Lumpur Setinggi Dua Meter Menyembur di Oro-oro Kesongo

Mantan jurnalis ini melanjutkan, tugas Relawan Desa Lawan Covid-19 di antaranya Membuat Pusat Informasi Pencegahan dan Penanganan. Kemudian Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan, membantu tenaga kesehatan/medis menangani warga yang berstatus Pasien Dalam Pemeriksaan (PDP).

Selain itu, lanjutnya, juga penyiapan dan penanganan logistik untuk kepentingan warga. Selain juga pendataan penduduk yang rentan sakit dan kelompok marginal dan [enyemprotan disinfektan dan penyediaan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun di tempat umum.
Penulis : Syafik

Baca Juga :   Gubernur Khofifah Jadi Warga Kehormatan Sedulur Sikep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *