Wali Murid Keberatan SPP di SMA N 1 Sugihwaras

oleh
(SMAN 1 Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro, foto : http://sekolah.data.kemdikbud.go.id)

Bojonegoro- Salah satu wali murid di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sugihwaras keberatan dengan adanya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dan mengadukan  kepada Lembaha Bantuan Hukum Advokasi Rakyat (LBH AKAR) Bojonegoro.

Dalam pengaduan yang disampaikan kepada Ketua LBH Akar Anam Warsito bahwa sebagai wali murid pengadu diminta membayar SPP sebesar Rp. 95 ribu per bulan. Pengadu juga menyertakan bukti kuitansi pembayaran SPP untuk Bulan Juli 2020.

Menanggapi pengaduan tersebut Anam Warsito menyesalkan adanya penarikan iuran SPP kepada wali murid. Pasalnya hal ini bertentangan dengan kebijakan Gubernur Jawa Timur yang telah membebaskan biaya sekolah untuk SMA /SMK negeri di Jawa Timur

“Gubernur Jawa Timur melarang adanya pungutan dalam bentuk apapun atas nama apapun di SMA/SMK Negeri” Tegas Anam-panggilanya-

Baca Juga :   Pihak LBH Akar Adukan BK DPRD Bojonegoro ke Ombudsman RI

Anam meminta kepada pihak sekolah atau komite untuk menghentikan penarikan uang SPP tersebut dan meminta untuk mengembalikan uang SPP yang sudah terbayar dua bulan kepada wali murid. Anam menegaskan akan melakukan upaya hukum jika pihak sekolah tidak menghentikan penarikan SPP tersebut.

“Kita akan tindak lanjuti pengaduan ini jika tidak segera dihentikan dan dikembalikan” Tegas Anam.

Dari laman Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Jawa Timur (http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/gubernur-khofifah-tegaskan-spp-sma-smk-se-jatim-gratis) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa Sumbangan Pembinaan Pendidikan untuk SMA/SMK Negeri Gratis. Khofifah pun meminta kepada sekolah untuk tidak melakukan pungutan kepada siswa, khususnya peserta didik baru dalam bentuk dan nama apapun.

Baca Juga :   Bojonegoro Bukan Sasaran PPKM di Jawa Timur

“Program SPP gratis ini sudah berjalan sejak 2019 lalu. Jadi sekolah tidak diperkenankan memungut rupiah sepeser pun dari siswa. Semua gratis, seluruh Jatim,” ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Selasa pagi 7-7-2020.

Kepala sekolah SMAN 1 Sugihwaras Mokhammad Syamsu dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Bojonegoro Adi Prayitno sampai berita ini ditulis, belum memberikan balasan atas permintaan konfirmasi dari jurnalis damarinfo.com yang dikirim melalui whatsapp.

Data dari https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sp/3/050507 untuk Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021,  jumlah peserta didik (PD) di SMAN 1 Sugihwaras  530 siswa dengan jumlah rombongan belajar (rombel) 15 rombel.

Penulis : Rozikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *