Wakil Ketua DPRD Bojonegoro Dukung Samin Surosentiko Dapat Gelar Pahlawan Nasional

oleh
(Wakil Ketua DPRD Bojonegoro Sukur Priyanto. Foto : Rozikin)

Bojonegoro,damarinfo.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro Sukur Priyanto sangat mendukung agar Samin Surosentiko mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional. Alasanya bukti-bukti kepahlawanan Samin Surosentiko dengan Gerakan Saminya sangat jelas sebagai sebuah perjuangan melawan penjajah kolonial Belanda.

“kami sangat setuju dengan gelar pahlawan untuk Samin Surosentiko” Kata Pria yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Bojonegoro ini.

Lanjut Sukur-panggilannya- sampai sekarang ajaran-ajaran dari Samin Surosentiko pun masih dilaksanakan oleh anggota Samin yang terkenal dengan sedulur sikepnya. Jadi sudah sangat tepat bahwa Samin Surosentiko harus mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

“perjuangan beliau dapat menjadi teladan untuk para penerus bangsa ini” Kata Sukur

Baca Juga :   Bojonegoro Ingin Mengajukan Gelar Pahlawan Nasional. Begini Prosedurnya.

Sebelumnya pemerhati Suku Samin Suwandi Adisurono menilai Samin Surosentiko sangat layak mendapatkan gelar Pahlawan Nasional. Alasannya Samin Surosentiko adalah  pencetus perlawanan rakyat sipil terhadap pemerintah kolonial Belanda.

Baca Juga :   Samin Surosentiko Layak Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional

“Di mana efek dari gerakan beliau, Belanda sempat menjadi khawatir sehingga kemudian beliau harus diasingkan ke Sawahlunto” Kata Pak Wandi-panggilanya-

Lanjut pria asal Kecamatan Purwosari ini, gerakan perlawanan sipil terhadap kolonial yang dibangun oleh Samin Surosentiko mendapatkan sambutan positif dari rakyat, tidak hanya di wilayah Blora dan Bojonegoro tapi mampu menyebar  sampai Madiun, Grobogan, Pati, Kudus, Rembang.

Penulis : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *