UTBK Segera Digelar, Berikut 10  Program Studi di Unair dengan Persaingan Paling Ketat.

oleh -68 Dilihat
oleh
(Unair Surabaya. Foto : unair.ac.id)

damarinfo.com – Para calon mahasiswa baik yang baru lulus di tahun 2023 ini maupun yang sudah lulus di tahun 2022 dan 2021 sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Berdasar jadwal yang tercantum dalam laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Risti), jadwal UTBK Gelombang pertama bakal digelar pada tanggal 8 – 14 Mei 2023 dan Gelombang kedua bakal digelar pada tanggal 22-28 Mei 2023.

Untuk calon mahasiswa perlu untuk melihat tingkat persaingan di masing-masing Prodi di Perguruan Tinggi agar peluang diterima di perguruan tinggi negeri semakin besar. Semakin ketat persaingan sebuah Prodi di Perguruan Tinggi Negeri maka peluang diterima semakin kecil.

Peta persaingan Prodi di masing-masing perguruan tinggi sudah disediakan di laman SNBPM (https://sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ptn_sb.php).

Baca Juga :   SMAN 1 Bojonegoro Raih Nilai UTBK Tertinggi, SMA Plus Ar Rahmat ?

Misalnya peta persaingan di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prodi Kedokteran adalah Prodi dengan persaingan paling ketat. ini didasarkan pada jumlah kuoata yang diterima dibandingkan jumlah pendaftarnya. Kuota untuk Prodi Kedokteran pada tahun 2023 ini adalah 90 mahasiswa, sementara data pendaftar pada tahun 2022 lalu adalah 3.150 calon mahasiswa. Artinya 1 orang harus mampu menyingkirkan 35 calon mahasiswa lain dengan persentase jumlah calon mahasiswa yang diterma sebesar 3 persen dari pendaftara.

Baca Juga :   Tips Menghadapi UTBK, Biar Lancar Mengerjakan

Sementara Prodi di Unair dengan persaingan paling longgar adalah Prodi Fisika  dari kuota 24 mahasiswa, yang mendaftar pada tahun 2022 sebanyak 62 calon mahasiswa. artinya 1 calon mahasiswa hanya perlu menyingkirkan 3 calon mahasiswa agar diterima dengan persentase calon mahasiswa yang diterima adalah 39 persen.

Berikut 10 Prodi di Unair Surabaya dengan persaingan paling ketat tahun 2023;

(Tabel 10 Program Studi di Unair Surabaya yang paling ketat. Data diolah dari https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/)

Penulis: Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *