Ulama Yaman Kunjungi Ponpes Khozinatul Ulum Blora

oleh
Ulama besar dari Negara Yaman, Syeikh Muhammad Muhyiddin Al Quraisy mengadakan kunjungan ke Indonesia. Di antaranya ke Pondok Pesantren Khozinatul Ulum Blora.Foto/Ais

Blora- Seorang ulama besar dari Negara Yaman, Syeikh Muhammad Muhyiddin Al Quraisy mengadakan kunjungan ke Indonesia selama 13 hari, 5-17 Januari 2020.

Kunjungan bertajuk Rihlah Ilmiah wa Da’wah ke beberapa provinsi di Indonesia. Di antaranya Jakarta, Bogor, Jawa Tengah, Timur, Pekanbaru Riau dan Makassar. Dalam rangkaian kunjungan ke Jawa Tengah ada di dua kabupaten yaitu di Pondok Pesantren (Ponpes) Matholiul Falah Kajen Pati dan Pondok Pesantren Khozinatul Ulum An Nawa Blora.

Dalam kunjungannya ke Khozinatul Ulum An Nawa Blora, Syeikh Muhammad Muhyiddin Al Quraisy diterima oleh KH. Muharror Ali di kediaman Pengasuh Pondok Pesantren Khozinatul Ulum.

Beberapa tamu undangan turut serta menyambut kedatangan ke Blora adalah KH. Muharror Ali, Dr. KH. Nur Ihsan, KH. Ahmad Zakki Fuad, KH. Ahmd Fahim Mulabby, Dosen STAI Khozinatul Ulum, dan beberapa Kyai dari beberapa ponpes se-kabupaten Blora.

Di Khozinatul Ulum An Nawa, Syekh Muhyiddin Qurosyiy memberikan Ijazah kepada 250 santri, Alumni dan beberapa tamu. Kitab yang diijazahkan sebanyak 16 kitab populer di antaranya kitab tafsir Jalalain, Bulughul Marom, Tafsir Al Arbain Al Nawawiyah, Kitab Shahih Bukhari, Shahih Muslim dan kitab Alfiah ibnu Malik.

Baca Juga :   Blora Hibahkan Barang Bekas ke Sekolah

Syeikh Muhyiddin Al Quraisy dalam paparannya mengatakan ketika seseorang minim ilmu agama, maka akan muncul jiwa ekstrimis. Dan sebaliknya jika seseorang kaya ilmu agama, maka akan muncul sosok moderat yang tidak mudah menyalahkan kelompok lain.

Dalam sesi memberikan ijazah hadis Awwaliyah menyatakan barangsiapa mengasihi makhluk yang ada di bumi, maka makhluk yang ada di langit akan mengasihi orang tersebut.

Ulama Yaman itu juga berpesan kepada para ahli ilmu untuk menjaga tata krama kepada gurunya maka seseorang menjadi orang sukses dan mulia dunia akhirat.

Dr. KH. Nur Ihsan Selaku pengasuh Ponpes Khozinatul Ulum An Nawa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih sudah berkenan berkunjung ke Kabupaten Blora dan Ponpes Khozinatul Ulum An Nawa. “Atas nama Keluarga besar Pondok Pesantren Khozinatul Ulum mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya atas kerawuhan Syeikh Dr. Muhyiddin Qurosyiy”, tutur Nur Ihsan.
Kunjungan Syeikh Muhammad Muhyiddin Yaman dalam rangka memberikan ijazah beberapa kitab kepada para santri, alumni, masyarakat Blora dan beberapa tamu dari Kota Tuban Jatim yang selama ini mengkaji dan mempelajari kitab kuno karya ulama’ terdahulu sebagai sumber ilmu pengetahuan khususnya di Pondok Pesantren salaf. “Beberapa kitab yang akan diijazahkan Syeikh Muhyiddin merupakan kirab kuno karangan ulama’ kuno”, pungkas ihsan.

Baca Juga :   Blora Perlu Bale Mediasi Dalam Rangka Pembaharuan Hukum

Kyai Haji. Muharror Ali selaku Pengasuh pondok Pesantren Khozinatul Ulum, beliau menyambut baik kehadiran Syeikh ke Khozinatul Ulum dalam rangka memberikan ijazah dan memotivasi para santri, alumni dan tamu undangan untuk menuntut ilmu baik duniawi maupun ukhrowi.
Penulis : Ais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *