Tuban Lumbungnya Cabai di Jawa Timur. Berikut Datanya

oleh
oleh
(Tanaman Cabai. Foto : https://faperta.unisma.ac.id/)

damarinfo.com – Kabupaten Tuban ternyata menyimpan banyak potensi, baik potensi wisata, industri tak terkecuali dengan pertanian. Kabupaten Tuban ternyata merupakan lumbungnya cabai di Jawa Timur, hal ini dibuktikan dengan luas panen cabai di Kabupaten Tuban adalah yang tertinggi di Jawa Timur.

Dari tiga jenis cabai, yakni cabai besar, cabai rawit dan cabai kriting, Kabupaten Tuban memilki luasan panen terbesar untuk cabai keriting yakni 1.037 hektar. Untuk luasan panen cabai rawit di Kabupaten Tuban adalah sebesar 9.388 hektar dan menempati urutan kedua se Jawa Timur. Sementara untuk cabai besar di Kabupaten Tuban luasan panennya adalah 181 hektar.

Baca Juga :   Desa Besur Jadi Percontohan Pertanian Modern

untuk cabai besar pusatnya ada di Kabupaten Banyuwangi dengan luas panen pada tahun 2022 seluas 1.342 hektar. urutan kedua adalah Kabupaten Malang dengan luas panen 1.070 hektar, yang ketiga adalah Kabupaten Gresik dengan luas panen 566 hektar.

Untuk cabai rawit, luas panen terbesar adalah Kabupaten Blitar dengan luas panen 10.300 hektar, urutan kedua Kabupaten Tuban, urutan ketiga adalah Kabupaten Kediri dengan luas panen 8.469 hektar.

Baca Juga :   Dinas Pertanian : Perlu Regulasi Pelarangan Jebakan Tikus Menggunakan Listrik

Sedangkan untuk cabai keriting, Kabupaten Tuban menjadi Kabupaten yang memiliki luas panen terbesar, urutan kedua adalah Kabupaten Malang dengan luas panen 794 hektar, urutan ketiga adalah Kabupaten Magetan dengan luas panen 724 hektar.

Berikut tabel 10 Kabupaten dengan luas panen cabai besar, cabai rawit dan cabai keriting terluas pada tahun 2022, yang diolah dari data yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur

(Tabel 10 Kabupaten di Jawa Timur dengan luas panen cabai terluas tahun 2022. Sumber data bps jawa timur)

Bagaimana dengan Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Timur? Simak datanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *