Tingkatkan Kemampuan Fisik, Prajurit TNI Wajib Ikuti Tes Garjas

oleh
(Prajurit Kodim 0813 sedang mengikuti Tes Garjas Periode I tahun 2022. Rabu 18-5-2022. Foto : humaskodimbojonegoro)

Bojonegoro,damarinfo.com – Tes Garjas adalah Tes Kesegaran Jasmani yang menjadi program rutin dari Komando atas yang wajib diikuti oleh para Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tujuanya adalah untuk melakukan pemeriksaan dan meningkatkan kemampuan fisik prajurit dapat menjalankan tugas pokoknya dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.

Seperti yang dilaksanakan oleh Kodim 0813 Bojonegoro Rabu 18-Mei-2022. Pelaksanaan Garjas ini meliputi Samapta A yakni lari 12 Menit yang dilaksanakan di track lari lapangan SMAN 2 Bojonegoro. Samapta B yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges dan Shuttle Run serta ketangkasan renang militer 50 meter.

Baca Juga :   Karya Bakti TNI-Polri dan Warga Perbaiki Jalan Ambles di Kanor

Dari pantauan, sebelum pelaksanaan para personel yang mengikuti Garjas ini terlebih dahulu dicek tensi dan kesehatannya oleh Tim Kesehatan dari Polkes 05.09.14 Kodim 0813 Bojonegoro, pengisian blangko Samapta yang dilanjutkan dengan senam peregangan dan pemanasan.

Pasiops Kodim 0813 Bojonegoro, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan, membina kemampuan fisik serta mengukur kemampuan para personel dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

Tes Garjas ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD, khususnya prajurit Kodim 0813 Bojonegoro. Hal ini juga sangat menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan Usul Kenaikan Pangkat (UKP).

Baca Juga :   Kapolres dan Dandim Bojonegoro Bantu Warga yang Sakit

“Selain itu, Garjas ini juga sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, serta program lainnya. Sehingga, apabila ada waktu kegiatan pembinaan fisik harus dilatihkan secara teratur dan berjenjang,” ujar Kapten Inf Heri Sukiyanto, Rabu  18-5-2022

Dia juga menekankan bagi seluruh personel yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakannya dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri.

“Laksanakan Garjas ini dengan baik, penuh semangat dan serius, dengan mengutamakan faktor keamanan,” pungkasnya.

Penulis : Rozikin

Sumber : Humaskodimbojonegoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *