Tingkat Pengangguran Terbuka Bojonegoro Belum Penuhi Target RPJMD

oleh
(Ilustrasi. lovepik)

Bojonegoro,damarinfo.com –Berdasar pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Perubahan Kabupaten Bojonegoro tahun 2018 – 2023, target yang ditetapkan untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Bojonegoro adalah antara 4.00 – 3,500. (Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro nomor 1 tahun 2022).

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, TPT Kabupaten Bojonegoro tahun 2022 adalah 4,69 persen atau lebih tinggi 0,69 persen dari target yang ditetapkan dalam RPJMD. TPT Kabupaten Bojonegoro dalam tiga tahun ini terus menurun, pada tahun 2020, TPT Kabupaten Bojonegoro adalah 4,92 persen dan di tahun 2021 angka TPT Kabupaten Bojonegoro turun lagi di angka 4,82 persen.

Baca Juga :   Kota Surabaya Ternyata Paling Banyak Pengangguran. Bagaimana Daerah Kamu?

Sementara untuk Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dalam tiga tahun dinamis, tahun 2020 angka TPAK Kabupaten Bojonegoro adalah 74,60 persen, di tahun 2021 turun di angka 71,84 dan di tahun 2022 naik lagi di angka 72,16 persen

Salah satu ukuran keberhasilan kinerja suatu daerah dalam hal penanganan pengangguran bila diamati dari sisi ketenagakerjaan adalah dengan melihat tinggi rendahnya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). TPT adalah persentase jumlah pengangguran terhadap jumlah angkatan kerja.

Baca Juga :   Ada 2 ribu lebih Sarjana di Bojonegoro  “Nganggur” di Tahun 2021

Untuk memberikan gambaran tentang penduduk yang aktif secara ekonomi dalam kegiatan sehari-hari dapat dilihat dari indikator Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) yaitu perbandingan antara jumlah angkatan kerja terhadap jumlah penduduk usia kerja.

Penulis : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *