Tim Jatantras Polda Jatim Ringkus Sindikat Pencurian Motor

oleh
Anggota Subdit III Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Timur berhasil menangkap sindikat pencuri motor dan pemalsu nomor rangka (Noka) dan nomor mesin (Nosin) motor.Foto/dok.CICNews

Surabaya-Anggota Subdit III Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Timur berhasil menangkap sindikat pencuri motor dan pemalsu nomor rangka (Noka) dan nomor mesin (Nosin) motor.

Kasus itu melibatkan tersangka, Sha,38 tahun, warga Trengih, Rembang, Pasuruan, Yo, 44, tahun, warga Purwodadi, Pasuruan dan Cho, 40, tahun, warga Pajaran, Rembang, Pasuruan.

Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, menjelaskan, aksi itu terjadi pada 26 Mei, 24 Juli dan 30 Juni 2020. Kejadian pertama curat, kemudian tindak pidana pemalsuan surat dan curat dan penadahan.

“Komplotan ini memiliki kemampuan, mengamuflase atau perubahan, terkait no rangka dan mesin. Dari kemampuan ini kemudian menjadi seolah olah kendaraan hasil curian sah teregister di regident Ditlantas,” ujarnya pada Jumat 4-September 2020.

Baca Juga :   Jadi Buron 20 Bulan, Polisi Bojonegoro Tembak Kaki Pelaku Curas

Hal itu kemudian disamakan dengan STNK dan BPKB yang dimiliki mendasari dengan pembelian hasil kendaraan kecelakaan lalu lintas. Lalu dijual tersangka. Harganya tentu menjadi normal, membeli surat menyirat asli, kemudian membeli hasil kendaraan curat dan mengambil keuntungan.

Baca Juga :   Proses P-21, Perkara Pencurian Mobdin Bupati Bojonegoro segera Dikirim Kejaksaan

Dalam mengidentifikasi sesuai tidaknya walaupun angka nomor huruf sama. Namun bisa saja secara identifikasi berbeda ini akan merugikan masyarakat. Artinya fungsi kepolisian juga mampu melakukan register dan identifikasi nomor mesin yang ada di Indonesia.

Komisaris Besar Trunoyudho mengimbau masyarakat untuk lebih ekstra hati hati membeli kendaraan bekas. Sebelum dibeli sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu di samsat terdekat, ini sebagai pelayanan untuk mengecek keabsahannya.
Penulis : Syafik/Sumber CICNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *