Tim Gabungan Bubarkan Kerumunan Massa di Bojonegoro

oleh
Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan dan Komandan Dandim 0813 Bojonegoro Letnan Kolonen Inf Bambang Hariyanto menggelar operasi di sebuah tempat di Jalan Lettu Suwolo, Kota Bojonegoro, Senin malam 23-3-2020.Foto/Dok.Humas Polres Bojonegoro

Bojonegoro –Patroli gabungan dari Kepolisan Resor, Komando Distrik (Kodim) 0813 dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro membubarkan kerumunan massa pada Senin malam 23-3-2020. Tindakan ini sebagai antisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Bojonegoro.

Pembubaran massa berlokasi di sejumlah titik di Kota Bojonegoro. Seperti di Jalan Lettu Suwolo, Jalan Gajah Mada, Jalan Untung Suropati, sekitaran Pasar Kota, dan sekitar Gardu Suto di Jalan MH Thamrin. Patroli gabungan akan terus digelar, sepanjang malam, hingga kondisi kota menjadi kondusif atas penyebaran vorus corona.

Patroli dipimpin Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan dan Komandan Dandim 0813 Bojonegoro Letnan Kolonen Inf Bambang Hariyanto. Sedangkan tim dua dipimpin Kabag Operasional, Komisaris Jeni Al Jauza. Tim gabungan diikuti sebanyak 100 anggota yang sebelum terjun ke lapangan menggelar apel di Markas Polres Bojonegoro pada Senin malam.

Menurut Kapolres Bojonegoro, kegiatan patroli gabungan menindaklanjuti perintah pimpinan. Yaitu melibatkan TNI, Polri dan Dinas Kesehatan. “Kita laksanakan Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dan Maklumat Kapolri dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19),” ujarnya dalam release, Selasa 24-3-2020.

Baca Juga :   Hotel Milik Pemkab Bojonegoro Mengalami Kerugian Rp 923 Juta

Sedangkan Kebijakan Pemerintah, lanjut Kapolres, yakni tidak mengadakan kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya warga masyarakat atau massa. Terutama dalam kondisi saat ini dengan adanya virus corona sehingga bisa meminimalisir penyebarannya. Kegiatan patroli gabungan untuk memberikan himbauan kepada tempat usaha lainnya seperti warung, cafe melakukan aktifitas sampai dengan pukul 22.00 WIB harus sudah tutup. Apabila kedapatan masih beroperasi atau masih buka Kepolisian bisa menggunakan diskresinya untuk membubarkan kerumunan massa secara persuasif dan humanis, guna untuk kebaikan bersama.

Area pertama yang dituju, yaitu di Jalan Untung Suropati, Jalan Gajah Mada, Jalan Basuki Rahmad. Sesampai di Jalan Basuki Rahmad tepatnya di salah satu cafe pada pukul 22.00 WIB masih buka dan penuh pengunjung akhirnya diimbauan untuk tutup. Saat dilakukan pemeriksaan pengunjung cafe, kedapatan tiga remaja masih berstatus pelajar kelas XII dari salah satu sekolahan di Bojonegoro kedapatan ngopi sambil merokok. Ketiga pelajar itu diberi sangsi peringatan serta orang tua untuk datang ke Sat Binmas Polres Bojonegoro.

Baca Juga :   DPRD Minta Bupati Bojonegoro Evaluasi Izin Batching Plant di Sukowati

Patroli gabungan dilanjutkan ke jalan Lettu Suwolo, di jalan ini juga kedapatan salah satu cafe masih buka akhirnya dilakukan himbauan untuk tutup, dilanjutkan ke Jalan Veteran dan Terminal Bus Rajekwesi.

Menurut Kapolres, kegiatan patroli gabungan dan himbauan ini menindaklanjuti perintah pimpinan dimana kondisi saat ini penyebaran virus corona masih terjadi. Maka tugas TNI/Polri dan Dinas Kesehatan bersosialisasi ke warga agar mematuhi ajakan pemerintah untuk kerja dari rumah (work from home). Juga jaga jarak dan berinteraksi dengan orang lain (social distancing). “Ajakan Pemerintah jelas. Kerja, belajar, dan beribadah di rumah,” katanya.
Penulis : Rozikin/data release Humas Polres Bojonegoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *