Ternyata Masih Banyak Remaja  di Pulau Jawa Tidak Tamat SMA. Provinsi Mana Saja ya?

oleh
(Ilustrasi)

Damarinfo.com – Bagaimana mungkin di Pulau Jawa masih ada anak yang tidak sekolah sampai jenjang SMA? Namun data dari Badan Pusat Statistik (BPS) berkata lain. BPS mencatat bahwa persentase anak remaja usia SMA yang telah menyelesaikan pendidikan pada jenjang SMA tergolong rendah dibandingkan dengan 34 Provinsi di Indonesia.

BPS mengukurnya dengan indikator yang disebut sebagai Tingkat penyelesaian pendidikan yang diartikan sebagai  persentase anak dan remaja yang berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan yang sesuai dengan rentang usianya. Tingkat penyelesaian yang mencapai atau mendekati 100% menunjukkan bahwa hampir seluruh anak-anak dan remaja telah menyelesaikan jenjang pendidikan yang seharusnya atau sesuai usia mereka, tanpa keterlambatan yang signifikan atau berarti.

Baca Juga :   DPRD Rekomendasi Pembentukan Tim Sensus dari RT, Ketua RT Keberatan.

Indikator ini dihitung untuk memantau banyaknya anak-anak dan remaja yang dapat menyelesaikan serta melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang berikutnya tanpa kendala yang menyebabkan penundaan untuk waktu yang lama. Apabila Tingkat Penyelesaian Pendidikan rendah, maka hal ini dapat mengindikasikan tingginya tingkat putus sekolah, tinggal kelas, rendahnya angka partisipasi, atau kombinasi di antaranya.

Ternyata ada empat provinsi di Jawa yang tingkat penyelesaian pendidikan pada jenjang SMA rendah, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur berada di urutan tengah dan bawah dari 34 provinsi di Indonesia.

Baca Juga :   Serapan Anggaran di Disdik Bojonegoro Rendah, Data juga 'Amburadul'

Provinsi Banten berada di urutan 16 dengan Tingkat Penyelesaian Sekolah Jenjang SMA sebesar 66,9 persen, disusul Jawa Timur yang berada di urutan ke 17 dengan Tingkat Penyelesaian Sekolah Jenjang SMA sebesar 66,33 persen. Berikutnya Jawa Barat pada urutan ke 19 dengan Tingkat Penyelesaian Sekolah Jenjang SMA sebesar 64,89 persen, sementara Jawa Tengah pada urutan ke 28 dengan Tingkat Penyelesaian Sekolah Jenjang SMA sebesar 59,9 persen.

Lalu Provinsi manakah di Indonesia dengan Tingkat Penyelesaian Pendidikan jenjang SMA yang tertinggi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *