Tanah Longsor dan Banjir Bandang Ancam Kabupaten Blora

oleh
(Kepala Bidang Bina Marga II, Nidzamudin Al Huda,ST serta Fungsional Ahli Muda Sub Koordinator Pembangunan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga, Yudi Kristiawan, ST. Meninjau Lokasi Longsor, Kamis 10-3-2022. Foto : Ais)

Blora,damarinfo.com – Akibat curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, tanah longsor dan banjir bandang ancam sejumlah wilayah di Blora. Peristiwa yang terjadi, baru-baru ini banjir bandang terjadi di Desa Jegong, Kecamatan Jati, disusul adanya tanah longsor di ruas jalan Desa Kacangan, Kecamatan Todanan.

Banjir di Desa Jegong terjadi Selasa 8- Maret-022 sore, dimana sempat merendam permukiman warga Dukuh Kemadoh, Desa setempat. Hal itu terjadi akibat luapan sungai sekitar Embung Kemadoh. Menurut Kepala Desa Jegong, Dianto, ada 16 KK yang menjadi korban banjir pada Selasa sore hingga petang.

“Banjir mulai datang sekitar pukul 16.30 WIB. Warga langsung bersiap mengungsi di pemukiman yang lebih tinggi. Dan berangsur surut mulai sekira pukul 20.00 WIB. Diperkirakan akibat tingginya curah hujan di hulu sungai sehingga sampai Kemadoh sini meluap,” ucap Kades Dianto.

Sementara itu, gorong-gorong ambrol dan longsor terjadi di ruas jalan Ngumbul – Pelemsengir, tepatnya di Desa Kacangan, Kecamatan Todanan, Rabu (9/3/2022) sekira pukul 16.20 WIB. Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora telah melakukan inspeksi lapangan terkait gorong-gorong ambrol dan longsor di ruas jalan tersebut.

Baca Juga :   Trotoar Sudah Dilebarkan, Kenapa Kota Bojonegoro Tetap Banjir

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT melalui Kepala Bidang Bina Marga II, Nidzamudin Al Huda,ST serta Fungsional Ahli Muda Sub Koordinator Pembangunan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga, Yudi Kristiawan, ST., sudah meninjau lapangan .

Baca Juga :   Tanggul Kali Ingas Jebol, Petani Terancam Gagal Panen

“Kami bersama BPBD sudah ke lokasi gorong-gorong ambrol dan longsor ruas jalan Ngumbul-Pelemsengir, tepatnya di Desa Kacangan, Kecamatan Todanan. Itu akibat gerusan air akibat hujan lebat,’’ jelas Yudi Kristiawan, Kamis 10-Maret-2022.

Ditandaskan perbaikan gorong-gorong akan segera dilakukan. Kepada warga sekitar atau pengguna jalan agar berhati-hati serta waspada ketika melewati lokasi tersebut.

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman juga sudah gercep ke lokasi banjir di Jati, Rabu 9-Maret-2022 sore. Pada kesempatan itu menyerahkan bantuan berupa sembako, sandang, peralatan sekolah, hingga selimut untuk 16 KK. Selain itu, juga menyerahkan dana sosial dari Baznas Kabupaten Blora.

Penulis : Ais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *