Tak Bisa Unggah Photo Plano ke Si Rekap, Penyelenggara Simpan Photo Plano C1 di Google Drive

oleh
oleh
(Suasana Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kantor Kecamatan Sugihwaras Bojonegoro, Sabtu 17-2-2024. Foto : Syafik)

Bojonegoro,damarinfo.com – Aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu atau Si Rekap bertujuan memudahkan rekapitulasi hasil penghitungan suara, namun di beberapa daerah tidak dapat berjalan lancar. Salah satunya peristiwa di Kecamatan Kepohbaru, seharusnya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengunggah photo plano C1 ke Si Rekap, namun ternyata tidak bisa dilakukan karena masalah taknis. Akhirnya dilakukan penyimpanan ke dalam google drive.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro Divisi Teknis Penyelenggaraan Fatma Lestari membenarkan adanya peristiwa tersebut dan menyatakan bahwa hal tersebut tidak menyalahi Peraturan Komisi Pemilhan Umum (PKPU) tentang  pemungutan dan penghitugan suara.

Baca Juga :   Anda Anggota Parpol dan Ingin Daftar PPK dan PPS. Begini Prosedurnya.

“Tidak” jawab Fatma Lestari singkat.

Saat ini hingga tiga hari kedepan yakni tanggal 19-Februari-2024 sedang dilaksanakan penghitungan suara di tingkat Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) di masing-masing kecamatan. Pantauan di lapangan penghitungan dilaksanakan di pendopo kantor kecamatan, seperti yang dilaksanakan di Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Penghitungan di Kantor Kecamatan ini dilaksanakan karena tidak ada anggaran untuk sewa tempat.

“anggaran untuk rekapitulasi di PPK hanya untuk kelengkapan” Kata Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro Fatkur rahman.

Proses rekapitulasi melibatkan Pantia Pemungutan Suara (PPS) dan KPPS, PPS melakukan penghitungan ulang berdarakan Plano C1 dari setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing tingkatan pemilihann, dimulai dari Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Pemilihan Legistatif (Pileg).

Baca Juga :   Sah! Bojonegoro Dibagi 6 Dapil di Pemilu 2024.

Salah satu petugas membacakan plano C1, petugas administrasi dari masing-masing PPS mencocokan data yang sudah diunggah di Si Rekap.  Saat ada kekeliruan maka dilakukan pembenaran didepan para saks.

“Alhamdulilah di Sugihwaras tidak ada kendala jaringan internet” Kata Ketua PPK Kecamatan Sugihwaras Busyaeri.

Penulis : Syafik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *