Tak Ada Nama Anna Mu’awanah dalam DCS DPR RI

oleh
oleh
(Tangkapan Layar laman https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dcs_dpr)

damarinfo.com – Perkiraan banyak pihak bahwa Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah bakal maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang ternyata meleset. Setidaknya ini dapat dilihat dari Daftar Calon Sementara (DCS) Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Sabtu 19-Agustus-2024.

Melalui laman https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dcs_dpr (Diakses Sabtu 19-8-2023, pukul 13.00 WIB), untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur IX (Bojonegoro-Tuban) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak ada nama Anna Mu’awanah. Pada nomor urut 1 (Satu) adalah Widad Nur Rosyidah, S.Pd, pada nomor urut 2 Hj. Ratna Juwita Sari, di nomor urut 3 adalah adalah Farida Hidayati, SH. M.Kn. Berikutnya nomor urut 4 adalah Ady Muzadi, di nomor urut 5 adalah  Fud Khotul Ariddah dan di nomor 6 adalah Drs. Nur Azis.

Baca Juga :   Perubahan Dapil dan Tantangan Bagi Incumbent

Kesempatan mengubah DCS DPR RI ini masih terbuka hingga pada saat pencermatan Daftar Calon Tetap (DCT) yang tahapannya bakal dilaksanakan sampai Oktober 2023 mendatang. Hal ini terdapat dalam Peraturan KPU nomor 10 tahun 2023, pasal 81 Partai Politik Peserta Pemilu dapat mengajukan perubahan rancangan DCT pada masa pencermatan rancangan DCT sebagaimana dimaksud dalam Pasal 80 ayat (4) dalam hal:

  1. terdapat perbedaan tanda gambar dan nomor urut Partai Politik Peserta Pemilu serta nomor urut, nama lengkap, dan foto diri terbaru calon sementara anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota;
  2. calon sementara anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota diganti berdasarkan persetujuan dari ketua umum Partai Politik Peserta Pemilu atau nama lain dan sekretaris jenderal Partai Politik Peserta Pemilu atau nama lain yang sah sesuai dengan keputusan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia tentang pengesahan susunan pengurus partai politik tingkat pusat; dan/atau
  3. mengajukan perpindahan Dapil terhadap calon sementara anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota pada lembaga perwakilan dan Partai Politik Peserta Pemilu yang sama.
Baca Juga :   Suara Pileg Unggul, Rumah Abdulloh Umar di Padati Tamu Sejak Tiga Hari Terahir

Di Dapil Jawa Timur IX alokasi yang ditetapkan oleh KPU RI adalah sebanyak 6 kursi, sehingga partai politik diberikan kesempatan untuk mengajukan Calon Anggota DPR RI sebanyak 6 orang.

Pada pemilu tahun 2019 PKB mampu menempatkan dua kadernya menjadi anggota DPR RI, yakni Farida Hidayati dan Ratna Juwita. Total perolehan PKB pada pemilu tahun 2019 lalu adalah meraih suara terbanyak yakni 382.361 suara, perolehan suara Kabupaten Bojonegoro lebih banyak dari pada kabupaten Tuban, yakni 205.260 atau 54 persen, sementara dari Kabupaten Tuban adalah 177.101 atau 46 persen.

Penulis: Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *