Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Waspada Penyebaran Disinformasi

oleh
oleh
( Jajaran Bawaslu Kabupaten Blora melakukan apel siaga pengawasan pemilu Serentak 2024 dihalaman Kantor Bawaslukab Blora, Selasa 146-2022. Foto : Ais)

Blora, damarinfo.com  – Tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2024 dimulai pada Selasa 14 Juni 2022. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blora menyikapinya dengan menggelar apel kesiapan pengawasan pemilu serentak 2024 di halaman Kantor Bawaslukab Blora, Selasa 14-6-2022

Ketua Bawaslu Kabupaten Blora Lulus Mariyonan menegaskan, apel kesiapan pengawasan pemilu merupakan bentuk pengingat sekaligus menandakan kalau tahapan penyelenggaraan pemilu 2024 telah di mulai.

“Bawaslu Blora sejak awal telah melakukan persiapan untuk melakukan pengawasan pemilu dan sejak sekarang telah benar-benar siap dalam melakukan pengawasan,” ujar Lulus Mariyonan.

Menurutnya, tahapan terdekat yang harus diawasi secara cermat yakni saat tahapan pendaftaran  dan verifikasi peserta pemilu. Sehingga pengawasan sejak awal harus disiapkan.

Baca Juga :   Surat Redaksi Koalisi 01 dan 03 Bergabung, Anna Mu'awanah Berpeluang Besar Menang Pilkada 2024

‘’Salah satunya melakukan pemetaan potensi masalah di tahapan ini,’’ tandasnya.

Lulus Mariyonan menambahkan, tantangan pemilu 2024 semakin berat. Khususnya persoalan bersama dalam hal disinformasi dan kabar bohong harus diwaspadai betul.  Dikatakannya, di era digital kemerebakan media sosial dan ruang digital yang bebas diakses masyarakat semakin menyuburkan kabar bohong.

‘’Ini yang harus benar-benar menjadi perhatian kita bersama,’’ tegasnya.

Berkaca pada pemilu sebelumnya, sejumlah kasus mewarnai jalannya penyelenggaraan pemilu tersebut. Mulainya netralitas aparatur sipil negara (ASN), penggunaan website pemerintah untuk kegiatan parpol, serta disinformasi tentang pemilu.

Baca Juga :   Koalisi Perubahan Resmi Usung Anis Baswedan pada Pilpres 2024. Demokrat Bojonegoro Siap Kawal

‘’Hal itulah yang patut diwaspadai, jadi mulai sekarang pengawasan di media sosial sudah dilakukan,” ungkap Lulus Mariyonan.

Disamping kesiapan pengawasan, Bawaslu Kabupaten Blora juga memberikan ruang bagi organisasi atau lembaga yang akan mendaftarkan diri menjadi pemantau pemilu, khususnya di tingkat kabupaten yang akan mengawasi jalannya penyelenggaran pemilu di kabupaten. Pemantau pemilu memiliki peran yang strategis. Salah satunya bisa menjadi pelapor saat ada dugaan pelanggaran.

‘’Layanan pendaftaran pemantau pemilu telah disiapkan untuk memudahkan bagi yang akan mendaftar. Silahkan langsung ke kantor Bawaslu Blora untuk mendaftar pemantau pemilu,” kata Lulus Mariyonan

Penulis : Ais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *