Sutradara Polandia,Wojciech Staron ke Gondang Bojonegoro  untuk apa?

oleh
oleh
(Wojciech Staron dan Makbul Mubarak sedang survey lokasi shooting, Gondang Bojonegoro, Jum'at 6-11-2020)

Bojonegoro – Sutradara asal Polandia Wojciech Staron beberapa hari in berada di Bojonegoro tepatnya di Kecamatan Gondang. Pria kelahiran tahun 1973 di Polandia ini, sedang menyelesaikan survey lokasi untuk shooting/pengambilan gambar sebuah film hasil kerjasama antara pelaku film Indonesia dengan Pelaku film dari Polandia, Prancis, Jerman dan Singapura.

Survey lokasi kali ini adalah keempat kalinya atau terakhir dari survey yang sudah dilakukan sebelumnya sebagai bagian dari Pra Produksi pembuatan film yang bertajuk “Autobiography”. Menurut rencana seluruh pengambilan gambar dilakukan di Bojonegoro, khususnya di wilayah Kecamatan Gondang.

Pada film kali ini,  pria yang pada tahun 2011 menerima penghargaan Silver Bear for Outstanding Artistic Achievement at the 61st Berlinale for his camera work in Paula Markovitch’s feature El Premio bertindak sebagai Director of Photography. Sementara penyutradaraan dipercayakan kepada Sutradara asal Indonesia Makbul Mubarak, pendiri dan penulis di Cinemapoetica.com.

Dalam survey lokasi kali ini, difokuskan untuk melihat lokasi di Kecamatan Gondang diantaranya di hutan RPH Sukun dan di rumah penduduk. Dalam survey ini sang sutradara  dan direktor of photohraphy nampak serius berdiskusi soal lokasi dengan komunikasi bahasa inggris.

Baca Juga :   Gondang Banjir Bandang, 257 Rumah Tergenang

“Ini survey yang ke empat setelah awal tahun 2019 melakukan survey yang pertama,” ungkap pria yang film pendeknya “Ruah” mendapatkan Piala Citra pada Festival Film Indonesia tahun 2017.

Produksi film internasional ini akan tetap ketat dalam melaksanakan protokol kesehatan selama pra produksi dan saat shooting nanti. Semua crew film menerapkan protokol kesehatan meski kebutuhan shooting nanti cukup banyak melibatkan banyak orang dan akan dilakukan uji usap/test swab bagi crew.

Baca Juga :   Penghargaan dari Kapolri, Polisi yang Bantu Ibu Melahirkan di Hutan

“Setelah ini akan langsung shooting di kecamatan Boureno, Dander, Sekar, Temayang dan Gondang. Shoting akan memakan waktu kurang lebih tujuh minggu di Bojonegoro,” kata sutradara Makbul Mubarak.

Mengutip laman https://mubi.com/id/films/autobiography-2020, film autobiography bercerita tentang seorang pemuda bernama Rakib, yang bekerja kepada Pensiunan Tentara bernama Purna. Purna mengikuti pemilihan kepala daerah, pada saat poster kampanye Purna di coret-coret oleh orang, Rakib tidak puas dan mencari pelaku dan menendang pelaku.

Penulis : Rozikin

Editor : Syafik

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *