Surat Redaksi
Siapa yang Bakal Mendampingi Anna Mu’awanah di Pilkada 2024?

oleh -326 Dilihat
oleh
(Ilustrasi. Oleh : Syafik)

Anna Muawanah hingga hari ini (17-Juni-2024) menjadi satu-satunya bakal calon Bupati  yang sudah mendapatkan Rekomendasi Resmi dari Partai Politik yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Anna Mu’awanah juga diberikan kewenangan penuh untuk menentukan siapa yang bakal digandeng untuk mendampinginya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang bakal digelar 27 November 2024 mendatang.

Anna Mu’awanah hingga saat ini belum menentukan siapa bakal calon wakilnya untuk melakoni kontestasi politik perebutan kursi Bojonegoro-1 dan 2 (Sebutan untuk Bupati Bojonegoro dan Wakil Bupati Bojonegoro).

Pemilihan bakal calon wakil ini tentu membutuhkan banyak sekali pertimbangan, agar tidak salah baik saat bertarung di Pilkada dan saat memerintah Kabupaten Bojonegoro jika nantinya terpilih. Pengalaman lima tahun sebelumnya, semestinya menjadi perhatian serius dari Anna Mu’awanah agar kinerja pemerintahannya tidak terganggu.

Pertimbangan lain yang mungkin perlu menjadi perhatian adalah bahwa bakal calon wakil bupatinya dapat memperbesar peluang kemenangannya pada pilkada tersebut. Yakni figur atau tokoh yang memilik dukungan politik yang besar dan dukungan finansial yang mumpuni.

Dari kalangan politisi, Anna Muawanah bisa mempertimbangkan untuk menggandeng tokoh-tokoh berikut;

  1. Budiono yang saat ini menjadi Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dan terpilih kembali pada Pemilihan Umum (Pemilu) calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur Februari 2024 lalu. Budiono mendapatkan suara sebanyak 37.043 dari dua Kabupaten (Bojonegoro dan Tuban), dari Kabupaten Bojonegoro Budiono mendapatkan suara 31.202 suara. Selain itu perolehan suara Partai Gerindra di Bojonegoro terbanyak  kedua setelah PKB. Dengan perolehan kursi DPRD Bojonegoro sebanyak 8 kursi, dan total suara yang didapatkan adalah 118.456 suara.
  2. Sahudi yang saat ini menjadi Ketua Partai Gerindra Bojonegoro yang pada Pemilihan Umum (Pemilu) calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro, Sahudi yang berangkat dari Daerah Pemilihan (Dapil) 6 (Kecamatan Kalitidu, Malo, Padangan, Kasiman, Kedewan dan Gayam) mendapatkan suara sebanyak 13.811 suara.
  3. Mitroatin yang saat ini menjabat sebagai Ketua Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Bojonegoro dan Wakil Ketua DPRD dan terpilih lagi pada Pemilu Calon anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro bisa menjadi pendulang suara untuk memperbesar kemenangan Anna Muawanah.Meski Partai Golkar hanya mendapatkan lima kursi tapi perolehan suaranya tertinggi ke-3 setelah Partai Gerindra. Selain itu aktivitas Mitroatin dalam kegiatan Muslimata dan Fatayat akan semakin memperkuat basis massa dari Anna Muawanah
  4. Abidin Fikri juga bisa menjadi pertimbangan untuk dapat mendampingi Anna Mu’awanah, alasannya koalisi antara PKB dan PDI P sudah terbangun pada Pilkada 2018 lalu. Sehingga koalisi ini bisa dipertimbangkan lagi untuk dibangun pada Pilkada 2024. Selain itu perolehan kursi PDI P pada pemilu 2024 lalu sebesar 6 kursi bakal lebih menguatkan posisi koalisi di parlemen jika koalisi ini memenangkan Pilkada 2024.
  5. Sukur Priyanto yang saat ini menjabat sebagai Ketua Partai Demokrat, meski perolehan kursi di DPRD Bojonegoro hanya 5 kursi, namun perolehan suara seluruh Kabupaten menempati urutan keempat setelah Partai Golkar. Perolehan suara Partai Demokrat pada Pemilu 2024 adalah 82.665 suara. Sukur secara finansial juga mumpuni karena berdasar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), pria yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua DPRD Bojonegoro ini menempati urutan ke-7 di antara 38 pimpinan DPRD se Jawa Timur. Sukur juga dikenal dekat kelompok milenial yang pada Pemilu dan Pilkada jumlahnya lebih dari 50 persen jumlah pemilih.
  6. Lasuri, mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk mendampingi Anna Muawanah, meski Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipimpin Lasuri, hanya mendapatkan 3 kursi di DPRD Bojonegoro, namun Lasuri bisa menjadi representasi dari organisasi Muhammadiyah, yang diyakini bakal loyal mendukung kadernya yang maju pada Pilkada.
Baca Juga :   Nurul Azizah dan Nafik Sahal Maju Pilkada dari Jalur Independen

Dari kalangan profesional, Anna Muawanah bisa mempertimbangkan beberapa tokoh berikut ini;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *