Surat Redaksi
Lebaran Terakhir Anna Muawanah sebagai Bupati Bojonegoro.

oleh
oleh
(Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menyapa jamaah sholat idul ftri, Masjid Agung Darussalam Bojonegoro, Sabtu 22-4-2023. Foto: bojonegorokab.go.id)

 

يَا دَاوُودُ إِنَّا جَعَلْنَاكَ خَلِيفَةً فِي الْأَرْضِ فَاحْكُمْ بَيْنَ النَّاسِ بِالْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعِ الْهَوَىٰ فَيُضِلَّكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَضِلُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ بِمَا نَسُوا يَوْمَ الْحِسَابِ

Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat darin jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan. (QS. Shod Ayat 26)

Lebaran tahun 2023 ini adalah lebaran terakhir Anna Muawanah sebagai Bupati Bojonegoro, sebab pada tanggal 24 September 2023 mendatang masa jabatannya sebagai bupati berakhir. Dan Pemilukada baru digelar pada November 2024 mendatang.

Apakah Anna Muawanah bakal berlebaran sebagai Bupati lagi di tahun 2025 mendatang? Jawabannya tentu harus menunggu hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang.

Jika melihat kalender tahun 2025, diperkirakan Lebaran akan jatuh pada tanggal 30 atau 31 Maret 2025. Pada tanggal ini kemungkinan sudah ada pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pemilukada November 2024, termasuk untuk Kabupaten Bojonegoro. 

Momen idul fitri adalah momen untuk melakukan evaluasi diri, lebih-lebih sebagai seorang Bupati  yang bertanggung jawab atas nasib satu juta lebih rakyat Bojonegoro. Pasti ada prestasi namun juga pasti tak luput dari kekurangan. Sehingga timbul upaya untuk memperbaiki kekurangan kekurangan itu agar Kabupaten Bojonegoro menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga :   Berikut Tiga Pesan Bupati Bojonegoro untuk Masyarakat Bojonegoro pada Idul Fitri 1444 H
(tangkapan layar grafik jumlah penduduk miskin Bojonegoro dalam Angka tahun 2023)

Kejujuran dalam evaluasi menjadi penting, karena menjadi dasar untuk membuat kebijakan yang lebih baik selanjutnya. Mendasarkan pada data-data obyektif, baik itu capaian yang telah berhasil atau yang belum berhasil. Ukurannya berdasar pada rencana yang sudah disusun bersama dengan wakil rakyat, yang disebut Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bojonegoro.

(Tabel Perbandingan antara LKPJ Bupati Bojonegoro tahun 2022 dengan RPJMD Perubahan Tahun 2018 -2023. Data diolah dari dokumen LKPJ dan RPJMD)

Momen idul ftri menjadi momen yang tepat bagi Bupati untuk meminta maaf kepada masyarakat, atas kata-kata, atas perilaku, atas perlakuan yang bisa jadi menyinggung masyarakat. ini sebagai bentuk pertanggung jawaban moral kepada masyarakat Bojonegoro. Juga meminta maaf atas janji-janji pembangunan saat kampanye yang belum dapat dipenuhi. Permintaan maaf adalah wujud kebesaran hati seorang pemimpin.

Baca Juga :   Polisi  Bojonegoro  Siapkan Tiga Titik Penyekatan

Momen idul ftri juga dapat menjadi momen bagi Bupati memberikan apresiasi kepada masyarakat Bojonegoro yang telah mendukung pembangunan di Bojonegoro. Ini adalah bentuk penghargaan seorang bupati kepada masyarakat yang telah memilihnya. Karena sejatinya pemilik sah kekuasaan di Bojonegoro adalah masyarakat Bojonegoro, dan seorang Bupati sejatinya adalah pelaksana kekuasaan itu yang ditujukan untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Bojonegoro.

Momen idul ftiri seharunya dapat dimanfaatkan untuk membangun komunikasi positif bagi seorang bupati agar terwujud hubungan yang lebih baik dengan masyarakat. Dan dapat menghapuskan kesan buruk yang mungkin timbul selama memimpin Bojonegoro dalam 5 tahun.

Hubungan baik ini bakal bermanfaat dalam Pemilukada tahun 2024 mendatang untuk mendapatkan simpati dan suara dari masyarakat Bojonegoro, jika Anna Muawanah berkeinginan untuk maju kembali memimpin Bojonegoro periode 2025 -2029 mendatang.

 

Selamat Idul Fitri 1444 Hijriyah / 2023, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Penulis: Syafik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *