Suka Ngopi? Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan

oleh
(Ilustrasi. Sumber :hallosehat.com)

Bojonegoro,damarinfo.com – Ngopi adalah istilah yang lazim digunakan untuk menyebut minum kopi. Seolah sudah menjadi budaya di masyarakat, ngopi menjadi kegiatan rutin dikerjakan, baik dirumah bersama keluarga atau di warung-warung yang dengan mudah dijumpai di berbagai tempat. Bahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral Dudung Abdurachman menciptakan dan menyanyikan lagu dengan judul “Ayo Ngopi”.

Dan ternyata minum kopi atau ngopi banyak manfaatnya untuk kesehatan, ini karena kandungan gizi yang ada dalam kopi. Dikutip dari laman hallosehat.com, Situs Data Komposisi Pangan Indonesia menyebutkan kandungan nutrisi dalam 100 gram (g) kopi bubuk instan adalah sebagai berikut: Air : 2,6 gram (g), Energi :129 Kalori (kal), Protein : 12,3 g, Lemak : 0,5 g, Karbohidrat 35,0 g, Abu (Ash) : 9,7g, Kalsium (Ca): 179 miligram (mg), Fosfor (P): 383 mg, Besi (Fe): 5,6 mg, Natrium (Na): 72 mg, Kalium (K): 3,256 mg, Tembaga (Cu): 0,14 mg, Riboflavin (Vit. B2): 0,21 mg, Niasin (Niacin): 30,6 mg

Di samping karbohidrat, protein, dan sedikit lemak, kopi juga punya kandungan kafein, magnesium, serta bahan kimia tumbuhan. Bahan kimia tumbuhan tersebut meliputi polifenol (mengandung asam klorogenat dan asam kuinat) dan diterpen (mengandung kafestol dan kahweol).

Kopi adalah minuman stimulan yang mengandung kafein. Kandungan tersebut dapat meningkatkan energi, kewaspadaan, suasana hati, serta fungsi otak. Nah, jika diminum sesuai kebutuhan, berikut berbagai manfaat kopi untuk kesehatan tubuh Anda:
1. Menjaga kesehatan jantung
Minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari disinyalir dapat menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali.
2. Mempertahankan berat badan ideal
Manfaat lain yang dapat Anda ambil dari konsumsi kopi adalah mempertahankan berat badan ideal, bahkan mungkin membantu menurunkannya.
3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2
Selain menurunkan berat badan, kopi juga disebut memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter Anda jika ingin minum kopi tetapi Anda memiliki diabetes tipe 2.
4. Menjaga kesehatan otak
Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak efek positif pada otak, seperti meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi.
Bahkan, asupan kopi juga tidak perlu dihentikan pada orang lanjut usia (lansia).
5. Menjaga kesehatan organ hati
Manfaat kopi selanjutnya berkaitan dengan kesehatan organ hati. Journal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa asupan kopi berpotensi mengurangi jumlah lemak pada hati.
6. Mengurangi risiko kanker
Seperti yang telah disebutkan di atas, kopi mungkin bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker pada organ hati. Kandungan kafein dalam kopi disebut dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.
7. Mengurangi risiko batu empedu
Ada berbagai manfaat kafein dalam kopi yang disebut-sebut dapat mencegah pembentukan batu empedu. Ini karena kandungan kopi mampu mencegah pembentukan kolesterol yang menyebabkan pembentukan kristal atau batu di kantung empedu. Kandungan tersebut dapat merangsang kontraksi di kantung dan meningkatkan aliran empedu, sehingga kolesterol tidak menumpuk di sana.

Baca Juga :   Dianggap tidak Transparan, Wabup Bojonegoro Peringatkan Satgas Covid-19

Itu tadi tujuh manfaat kesehatan dari minum kopi, jadi ngopi ternyata juga bermanfaat juga kan buat kesehatan, tapi harus sesuai kebutuhan tidak boleh belebihan. Takaran umumnya, 3 – 5 gelas per hari atau rata-rata 400 mg kafein per hari.

Baca Juga :   Bojonegoro PPKM Level 2, Ini Sejumlah Kegiatan yang Dilonggarkan

Penulis : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *