Stok Beras Bulog Bojonegoro Cukup untuk 15 Bulan

oleh
Gudang beras Bulog Bojonegoro/Foto Istimewa

Bojonegoro-Stok beras yang kini simpan di Bulog Sub Divisi Regional (Divre) III Bojonegoro, Jawa Timur sebanyak 37.000 ton atau cukup untuk 15 bulan ke depan. Pihak Bulog Bojonegoro juga siap mengirimkan beras ke sejumlah daerah di Indonesia atas permintaan dari Kantor Pusat di Jakarta.

Menurut Wakil Kepala Bulog Divre III Bojonegoro, Aan Sugiarto, gudang Bulog yang ada sekarang ini sebanyak 37.000 ton beras. Beras sebanyak itu, bisa mencukupi untuk kebutuhan selama 15 bulan ke depan. Sedangkan beras medium tersebut, tersebar di gudang Bulog di Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Lamongan.”Jadi, kalau diminta kirim sekarang pun ke Jakarta, kami siap,”ujar pada damarinfo.com, Kamis 27-2-2020.

Baca Juga :   Gak Usah Khawatir, Stok Beras Bulog Bojonegoro Melimpah

Aan Sugiarto mencontohkan, Bulog Sub Divre III Bojonegoro baru saja kirim beras sebanyak 1000 ton ke Jayapura, Papua, pada Januari 2020 silam. Permintaan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan beras di provinsi di Indonesia bagian timur ini. Permintaan beras juga dilakukan sepanjang tahun 2019 di beberapa provinsi di Indonesia, total sebanyak 14.750 ton. Seperti dikirim ke Provinsi NTT, pulau Sumatera, Kalimantan dan sebagian di kabupaten di Pulau Jawa.

Sekarang ini, di Bulog Bojonegoro—(wilayah meliputi Kabupaten Bojonegoro, Tuban, Lamongan) mendekati musim panen Februari 2020 ini. Kantor Bulog Divre III Bojonegoro, tengah mempersiapkan pengadaan barang. Targetnya akan belanja beras sebanyak 35 ribu ton untuk tahun 2020 ini.”Segera kita belanja untuk musim panen 2020 ini,” imbuh Aan Sugiarto.

Baca Juga :   Markas Besar Polri Distribusikan 2000 Paket Beras di Bojonegoro

Di sejumlah tempat di Bojonegoro, sekarang ini tengah memasuki musim panen. Di beberapa kecamatan, seperti Dander, Kalitidu, Trucuk, Malo, Kanor, Kapas dan sebagian di Kecamatan Padangan, serta di Kasiman telah memaneh tanaman padi. Panen akhir Februari atau awal Maret ini, adalah hasil dari musim tanam padi bulan November tahun 2019 silam.

Merujuk data di Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur tahun 2016 disebutkan, luas lahan sawah di Kabupaten Bojonegoro yaitu 78.517 hektare. Yaitu dengan rincian sawah irigasi seluas 38.16 hektare dan non irigasi seluas 40.371 hektare.
Penulis : Sujatmiko/tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *