Slot Asia Bertambah, Mungkinkah Indonesia Tampil di Piala Dunia 2026?

oleh
oleh
(Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong. dok pssi)

Damarinfo.com – Federation International de Football Association (FIFA) awal tahun 2017 menyetujui penambahan jumlah peserta Piala Dunia tahun 2026 dari yang sebelumnya hanya 32 tim menjadi 48 tim. (http://www.fifa.com/about-fifa/news/y=2017/m=1/news=fifa-council-unanimously-decides-on-expansion-of-the-fifa-world-cuptm–2863100.html)

Penambahan jumlah tim ini mengakibatkan penambahan jumlah slot untuk asia yang sebelumnya hanya 4 tim menjadi 8 tim. Sehingga peluang tim dari asia termasuk Indonesia untuk tampil di Piala Dunai 2026 yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat dan Kanada menjadi lebih besar.

Harapan terhadap persepakbolaan Indonesia semakin besar setelah melihat kiprah Timnas Indonesia pada Piala AFF Suzuki 2020 yang digelar akhir tahun 2021, Timnas Garuda mampu mencapai final meski kalah dari Thailand.

Pelatih Shin Tae Yong mampu membangkitkan harapan pecinta sepak bola di tanah air, karena mampu menghantarkan Squad Garuda bermain dengan sangat baik di Piala AFF Suziki 2020 lalu. Untuk menggapai mimpi di Piala Dunia 2026, Indonesia masih punya cukup waktu untuk menggembleng pasukan merah putih ini.

Baca Juga :   Argentina Makin PD, Jerman Belum Menyakinkan, Asia Merana : Hasil Uji Coba Piala Dunia

Ujian pertamnya adalah Pada Piala Asia 2023, pada 8-14 Juni 2022, Timnas Indonesia bakal turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Jika melihat calon lawan yang tersedia, Timnas Indonesia memiliki peluang lolos ke putaran final yang dilangsungkan di China.

Baca Juga :   Dua Laga Perempat Final Piala Dunia 2022 Diakhiri Adu Penalti : Brasil Tersingkir, Argentina Melenggang

Terlebih saat tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022, empat pemain keturunan yang kini dalam proses naturalisasi ditargetkan bisa tampil. Mereka ialah Ragnar Oratmangoen, Jordi Amat, Sandy Walsh dan Mees Hilgers.

Mereka bakal dipadukan dengan pemain-pemain Indonesia yang berkarier di dalam dan luar negeri. Nama-nama pemain yang berkarier di luar negeri dan bersinar di Piala AFF 2020 bakal kembali diandalkan.

Semoga mimpi Tim Garuda  untuk tampil piala dunia 2026 bisa terwujud.

Penulis : Syafik

Sumber : fifa.com, wikipedia.org, pssi.org.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *