Sentra Cabai di Jawa Timur di mana ya? Kabupaten Tuban Salah Satunya

oleh -252 Dilihat
oleh
(Tanaman Cabai. Foto : https://faperta.unisma.ac.id/)

Damarinfo.com –  Jawa Timur merupakan salah satu pusat produksi cabai terbesar di Indonesia. Daerah ini memiliki iklim yang cocok untuk pertumbuhan cabai dan banyak petani cabai yang mengembangkan usaha di sini. Selain itu, daerah Jawa Timur juga memiliki tradisi kuliner yang menggunakan cabai sebagai bahan utama, seperti sambal dan masakan pedas.

Beberapa daerah di Jawa Timur yang terkenal sebagai sentra cabai antara lain Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Nganjuk. Di daerah-daerah ini, terdapat banyak petani cabai yang mengembangkan usaha di lahan pertanian mereka. Selain itu, ada juga pedagang cabai yang membeli cabai dari petani dan menjualnya ke pasar-pasar di kota-kota besar.

Baca Juga :   Dinas Pertanian Bojonegoro Sebut Hasil Produksi Padi terus Meningkat

Ada tiga jenis cabai yang menjadi andalan petani Jawa Timur yakni Cabai Besar, Cabai Rawit dan Cabai Kriting.  Kabupaten Malang adalah sentra produksi untuk ketiga jenis cabai tersebut. Berikut data 10 Kabupaten dengan produksi cabai terbesar di Jawa Timur;

(Tabel 10 Kabupaten Penghasil Cabai Terbesar di Jawa Timur. Data diolah dari BPS Jatim)

Sentra cabai di Jawa Timur menjadi salah satu potensi ekonomi yang penting bagi daerah ini. Selain dapat meningkatkan pendapatan petani cabai, sentra cabai juga memberikan peluang bisnis bagi pedagang dan pengusaha makanan. Di sisi lain, keberadaan sentra cabai juga memberikan dampak positif bagi industri pariwisata di Jawa Timur, karena wisatawan dapat menikmati kuliner khas Jawa Timur yang pedas dan lezat.

Baca Juga :   BPS Jatim Sebut Produksi Padi Bojonegoro Menurun, Pemkab Sebut Naik

Penulis : Syafik

Sumber : BPS, Statistik Pertanian Hortikultura SPH-SBS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *