Santri dan Pelajar di Blora Dapat Rapid Test Antigen Gratis

oleh
Stiker Bupati Blora Arief Rohman dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati.Foto/Ais

Damarinfo-Blora.Para santri dan pelajar dari Kabupaten Blora yang hendak kembali menimba ilmu keluar daerah diberikan fasilitas gratis layanan rapid test antigen. Fasilitas gratis ini sebagai upaya untuk antisipasi penyebaran Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Edy Widayat mengemukakan, layanan gratis rapid test antigen telah dimulai sejak Rabu 19-Mei-2021 hingga santri dan pelajar memulai pembelajaran di tempatnya menimba ilmu. “Saat Hari Raya Idulfitri banyak santri dan pelajar asal Blora pulang kampung. Sekarang sudah waktunya kembali ke pesantren atau sekolahnya di luar daerah. Jika ada persyaratan harus melengkapi diri dengan dokumen bebas Covid-19, kami siap memberikan layanan gratis di masing-masing puskesmas,” ujar Edy Widayat, Kamis 20-Mei-2021.

Adapun persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh layanan gratis rapid test antigen, santri atau pelajar yang bersangkutan datang langsung ke puskesmas di lokasi domisilinya. Mereka wajib menunjukkan kartu santri atau pelajar. Menurut Edy Widayat, tidak ada pembatasan jumlah atau kouta untuk masing-masing puskesmas. “Ini bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. Kuotanya sampai semua kebutuhan terpenuhi,” tegasnya.

Edy Widayat berharap, pelaksanaan rapid test antigen gratis dari Pemkab Blora itu memudahkan pelajar, santri dan mahasiswa yang ingin melanjutkan atau memulai pendidikan. Sehingga beban masyarakat di tengah pendemi Covid-19 berkurang.

Pada sisi lain, guna mencegah lonjakan kasus Covid-19 pascalebaran, Dinkes Blora melakukan berbagai penyuluhan, dan tracing setiap ada kasus Covid-19. Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga tetap berjalan. “Kita semua tetap waspada, tidak ada yang dapat melawan Covid-19 kecuali diri kita sendiri. Selalu patuhi protokol kesehatan,” tandas Edy Widayat yang juga menjabat Camat Todanan.

Penulis  : Ais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *