Sabhara Bojonegoro Latihan Antisipasi Bencana

oleh
Satuan Sabhara Polres Bojonegoro menggelar latihan SAR (Search And Rescue) di Waduk Grobogan Desa Bendo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, Sabtu 11-1-2020/Foto/Dok.Polres Bojonegoro

Bojonegoro – Satuan Sabhara Polres Bojonegoro menggelar latihan SAR (Search And Rescue) di Waduk Grobogan Desa Bendo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (11/01/2020). Latihan ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat musim hujan.

Latihan dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Bojonegoro, Ajun Komisaris Polisi Yusis Krismanto SH. Pelatihan digelar sebagai upaya mengantisipasi kemungkinan bencana banjir. Kegiatan ini juga meneruskan perintah pimpinan yakni rencana Kontijensi Aman Nusa II tahun 2020 di Wilayah Polres Bojonegoro.

Baca Juga :   Polisi Bojonegoro Antisipasi Kejahatan Saat Pandemi Covid-19

Menurut Kasat Sabhara AKP Yusis, personilnya melibatkan tim SAR yang dilatih kemampuannya, baik dalam proses pencarian maupun evakuasi korban. Misalnya melakukan penyelamatan menggunakan perahu kano. Juga teknik menaiki perahu kano, penyampaian teori dasar latihan kemampuan evakuasi korban bencana dan latihan kemampuan berenang personil. Juga latihan evakuasi korban tenggelam.
“Ada juga teknik membalikkan perahu karet, cara menolong korban yang tenggelam menggunakan perahu karet, serta teknik bagaimana melakukan penyelamatan korban tenggelam di air,” ujarnya.

Untuk latihan SAR digelar guna meningkatkan kemampuan tanggap darurat bencana. Nantinya berfungsi untuk melaksanakan patroli di daerah-daerah banjir. Selain itu memberikan pertolongan evakuasi. Dengan sering berlatih SAR berkelanjutan, akan menambah kemampuan personil menjadi lebih profesional. “Kita tidak ingin ada bencana, namun jika itu terjadi, kita sudah memiliki kesiapan melakukan penyelamatan,” pungkas Kasat Sabhara, AKP Yusis.
Penulis : Rozikin

Baca Juga :   Sepekan, Air PDAM sebagian Kota Bojonegoro Macet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *