Rahasia Nabi Muhammad tidak Menunjuk Penggantinya. Berikut Kisahnya.

oleh
(ilustrasi)

Damarinfo.com – Sesaat sebelum Nabi Muhammad SAW wafat, para sahabat berharap Nabi akan menentukan siapa yang diberikan amanat untuk meneruskan kepemimpinan. Namun Nabi ternyata tidak berkenan menentukan penggantinya, akhirnya para Sahabat Nabi pun menanyakannya langsung kepada Nabi Muhammad.

Dalam sebuah riwayat dari Kitab Tarikh Khulafa karangan Imam Suyuthi menyebutkan Al-Bazzar dalam musnad-nya menerangkan , “Abdullah bin Wadhah Al-Kufi berkata kepada kami, Yahya bin Yamani berkata kepada kami, Israil berkata kepada kami  dari Abul Yaqzhan, dari Abu Wa’il , dari Hudzaifah bahwa para sahabat bertanya : Wahai Rasulullah, tidakkah engkau menunjuk pengganti yang memimpin kami  sepeninggalmu nanti?’

Rasulullah menjawab :’Sesungguhnya kalau aku menunjuk penggantiku, aku khawatir kalian akan menentang penggantiku itu lalu Allah menurunkan azab atas diri kalian.” (HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak, tetapi hadis Abul Yaqzhan lemah)

Ibnu Sa’ad meriwayatkan dari Al-Hasan, dia berkata, Ali berkata, “Tatkala Rasulullah wafat kita melihat bagaimana yang harus kita lakukan setelah meninggalnya Rasulullah. Setelah kami memandang dengan seksama maka kami dapatkan Rasulullah telah mengutamakan Abu Bakar untuk menjadi imam shalat sebagai penggantinya. Makanya kami rela menyerahkan urusan dunia kami kepada orang yang Rasulullah sendiri rela menyerahkan urusan agama kami kepadanya.Lalu kami majukan Abu Bakar sebagai pengganti Rasulullah.

Baca Juga :   Kunci Hidup Bahagia Hanya Satu. Begini Penjelasan Gus Baha

Imam Suyuthi mengatakan bahwa tidak ada yang bertentangan antara apa yang dikatakan Rasulullah dengan apa yang dikatakan oleh Umar dan Ali bahwa Rasulullah tidak menentukan penggantinya. Karena yang dimaksud oleh keduanya adalah bahwa Rasulullah saat wafatnya tidak menunjuk siapa penggantinya. Sedangkan isyarat Rasulullah yang disebutkan dalam hadits terungkap jauh-jauh sebelum wafat beliau. Ini sama dengan hadits Rasulullah dalam hadits yang lain:

Baca Juga :   Demi Keharmonisan Sosial, Speaker Masjid/Musholla Diatur oleh Kemenag

” Hendaknya kalian mengikuti sunnnahku dan sunnah  para khulafaur  rasyidin yang mendapat petunjuk setelah aku. ” (HR. Al-Hakim darihadits Al-Irbadh bin Sariyah)

Dan sebagaimana juga sabdanya:

“Ikutilah jejak langkah dua orang setelah wafatku, Abu Bakar dan Umar”

Editor : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *