Polres Bojonegoro Gelar Operasi Lilin Semeru 2023, Akan Berlangsung Selama 12 Hari

oleh
oleh

Bojonegoro, damarinfo.com – Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Lilin Semeru 2023 dihalaman Mapolres Bojonegoro, Kamis 21-Desember-2023.

Apel Gelar Pasukan tersebut juga dihadiri Pejabat (Pj) Bupati Bojonegoro yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Nurul Azizah, Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol Czi Arief Rochman Hakim, Kejari Bojonegoro, Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Kepala Bakorwil Bojonegoro, Pejabat Utama (PJU) Polres Bojonegoro, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Danki Brimob Yon C Bojonegoro Polda Jatim, para tokoh agama dan tamu undangan lainnya.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, bahwa Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

Apel Gelar Pasukan diikuti pasukan dari Subden POM V/2-1 Bojonegoro, Brimob 3 Yon C Polda Jatim, personel gabungan Polres Bojonegoro, Dishub, BPBD, Damkar, Satpol PP, Dinkes, RSB. Wahyu Tutuko, Senkom, Orari, Banser, Kokam Muhammadiyah dan PMI.

Masih dalam sambutannya, pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, “Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok”. Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, K/L, Pemda, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024.

“Mari bersama-sama menyukseskan Ops. Lilin Semeru 2023 dengan aman, lancar dan kondusif. Bagi personel yang terlibat pengamanan dengan melaksanakan penuh rasa tanggung jawab dan lakukan deteksi dini setiap kegiatan yang mendatangkan massa, rumah ibadah dan pusat perekonomian guna mengantisipasi gangguan kamtibmas yang tidak kita inginkan,” kata Kapolres kepada peserta Apel Gelar Pasukan.

“Terus tingkatkan sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan operasi Lilin Semeru 2023 ini,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan. Jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah.

“Semoga dalam pengamanan Nataru diberikan perlindungan, petunjuk, serta kekuatan kepada kita dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tutup Kapolres saat membacakan amanat Kapolri.

Selesai Apel Gelar Pasukan, Kapolres Bojonegoro bersama jajaran Forkopimda Bojonegoro melaksanakan pengecekan pasukan dan memberangkatkan show of Force mobil patroli kendaraan bermotor (ranmor) roda empat dan roda dua.

Terpisah, Kapolres Bojonegoro mengatakan bahwa Polres Bojonegoro menggelar Apel Gelar Pasukan Ops. Lilin Semeru 2023. Dengan tujuan pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2023 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah, dan Mitra kamtibmas lainnya.

“Ops. Lilin Semeru 2023 dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024. Dengan melibatkan personel sejumlah 350 yang akan ditempatkan di pos pengamanan dan pos pelayanan yang diisi dari petugas gabungan TNI, Polri dan instansi terkait,” ujar Kapolres kepada awak media ini di Mapolres Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro mengimbau kepada seluruh masyarakat selama libur Nataru untuk rumah yang ditinggal mudik atau libur Nataru diperhatikan keamanan rumah atau dititipkan ke tetangga atau ke Polsek terdekat untuk dilakukan patroli.

“Kemudian juga saya sampaikan juga dirangkaian kegiatan Nataru ini kami tentunya mengimbau masyarakat untuk hati-hati di jalan karena yang namanya keselamatan itu tetap harus dijaga. Kita harus melakukan pengaturan-pengaturan apabila ada yang melanggar kita akan imbau, kita tegur, kita ingatkan, demi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas),” pungkas Pria lulusan AKPOL tahun 2004 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *