Polisi Bojonegoro Kawal Ketat Tes Tulis Bakal Calon Kades

oleh

Bojonegoro – Tes tulis bagi bakal calon kepala desa (Bakacades) Kabupaten Bojonegoro digelar di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Rabu 5-2-2020. Tes kemampuan akademik ini ditujukan bagi desa yang jumlah bakal calonnya lebih dari lima orang.

Tes tulis ini juga bagian dari tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) Gelombang III tahun 2020. Proses tes tulis juga dilakukan dengan ketat dengan pengawasan dari Kepolisian Resort Bojonegoro. Mulai dari pembuatan naskah ujian dimana tim-nya dikarantina, termasuk penyimpanan soalnya. Pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang III pengamanannya lewat Operasi Mantap Praja Angling Darma tahun 2020 oleh Polres Bojonegoro.

Menurut Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Bojonegoro, Kompol Teguh Santoso, alasan dilakukannya pengawalan ini,agar pelaksanaan tes tulis akademik bisa berjalan tetib, aman dan lancar. Apalagi tes ini bagian dari tambahan bagi bacakades yang jumlah calonnya lebih dari lima orang. ”Calon yang akan diikutsertakan di pelaksanaan pilkades serentak, maksimal sebanyak lima orang,” katanya di Kantor Polres Bojonegoro, Rabu 5-2-2020.

Dalam seleksi tes tertulis ini, jumlah bacakades yang melaksanakan seleksi tes tulis sebanyak delapan desa di enam kecamatan. Sedangkan jumlah bacakades sebanyak 54 orang. Terdiri dari 44 laki-laki dan 10 perempuan.

Baca Juga :   Ini Pesan Polisi Saat Menghadiri Bojonegoro Bersholawat

Komisaris Polisi Teguh Santoso melanjutkan, sebelum mengikuti tes tertulis, para bacakades, diberikan pengarahan mengenai tata tertib pelaksanaan. Seperti melakukan registrasi dan mengisi absensi dan dilakukan pemerikasaan badan oleh anggota Sat Sabhara maupun polwan. “Terutama bagi peserta seleksi tes tertulis wanita,” terangnya.

Data di Kabupaten Bojonegoro terdapat 233 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak Gelombang III Tahun 2020. Sedangkan untuk desa yang memiliki kandidat lebih dari lima orang, tercatat ada delapan desa. Jika semuanya hadir total psesertanya mencapai 54 peserta.

Seperti diketahui soal ujian tertulis dibuat oleh Tim Pilkades Serentak Kabupaten dan dibuat Selasa 4-2-2020. Untuk menghindari kebocoran soal ujian tertulis ini, selama pembuatan soal para pembuat soal dikarantina di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro. Ujian tertulis dilaksanakan di Gedung DPMD Bojonegoro, Jalan Panglima Sudirman Bojonegoro lantai II, mulai pukul 08.00 WIB.

Baca Juga :   Pandemi, Kapolres Bojonegoro Minta Rutan Bersih dan Sehat

Dalam pembuatan soal ini dijaga pihak Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Setiap orang yang masuk ke ruangan pembuatan soal diperiksa untuk memastikan tidak membawa peralatan komunikasi atau sejenisnya. Setelah soal ujian dibuat, selanjutnya disimpan di Markas Polres Bojonegoro.

“Dijamin aman” Kata Kepala Seksi (Kasi) Bina Administrasi dan Aparatur Desa DPMD Kabupaten Bojonegoro, Andri Firnandi.

Peserta Tes Tulis Bakal Calon Kepala Desa di DPMD

1. Desa Kuniran Kecamatan Purwosari, calon 6 orang.

2. Desa Tengger Kecamatan Ngasem, calon 7 orang.

3. Desa Wadang Kecamatan Ngasem, calon 8 orang.

4. Desa Banjarjo Kecamatan Padangan, calon 6 orang.

5. Desa Tembeling Kecamatan Kasiman, calon 6 orang.

6. Desa Sekaran Kecamatan Kasiman, calon 8 orang.

7. Desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan, calon 6 orang.

8. Desa Glagahwangi Kecamatan Sugihwaras, calon 7 orang.

Sumber : Humas Polres Bojonegoro

Editor : Sujatmiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *