Polisi Bojonegoro Dampingi Mantri Hewan Periksa Sapi, Cegah Penyebaran PKM

oleh
(Bhabinkamtibmas Desa Desa Karangdinoyo, Kecamatan Sumberejo Brigadir Kepala (Bripka) Achmad Wahyudi membantu pemeriksaan sapi, Kamis 2-5-2022. Foto Humas Polres Bojonegoro)

Bojonegoro,damarinfo.com – Untuk pencegahan penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut (PKM) di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dibantu Kepolisian Resort (Polres) Bojoneggoro melakukan pemeriksaan kepada sapi-sapi milik peternak. Seperti yang dilakukan oleh Bhayangkara Pembina Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Karangdinoyo, Kecamatan Sumberejo Brigadir Kepala (Bripka) Achmad Wahyudin bersama Petugas Teknis Peternakan (PTP) atau disebut Veteriner atau biasa dikenal dengan Mantri Hewan Kamis 2-5-2022. Mereka melakukan pemeriksaan di kandang sapi milik Muhadi warga RT 09 RW 003 Desa Karangdinoyo Kecamatan Sumberrejo.

Mantri Hewan Mustofa mengatakan bahwa saat ini seluruh sapi yang berada di kandang Lembu Jaya Farm milik Muhadi sebanyak 14 ekor dalam keadaan sehat serta tidak menunjukkan gejala gangguan kesehatan serta ciri – ciri terjangkitnya penyakit PMK yang saat ini sedang dikhawatirkan oleh seluruh pemilik hewan ternak. Keadaan sehat seluruh hewan ternak terlihat dari gemuknya sapi milik Muhadi serta dibagian tubuh yang diindikasikan sebagai ciri – ciri hewan terserang PMK tidak menunjukkan kelainan.

Baca Juga :   Polisi Bojonegoro Datangi Peternak dan Pedagang Sapi

“Kondisi sapi sehat semua terlihat tidak ada lendir dimulut, tidak ada lepuh dihidung, kaki tidak pincang dan tidak ada luka di kaki”, terang Mustofa.

Mustofa juga menjelaskan bahwa agar hewan ternak terbebas dari wabah virus PMK, pemilik hewan harus rajin mengecek kondisi kesehatan hewan ternaknya serta mengerti dan paham tentang ciri – ciri hewan yang terserang PMK dan memberikan vitamin kepada hewan. Selain rajin mengecek hewan ternaknya, juga sering membersihkan kandang dari kotoran – kotoran dan menyemprotkan disinfektan dilokasi kandang dan sekitar kandang.

“Lakukan pengecekan kesehatan hewan ternak dan jaga kebersihan hewan serta kandang merupakan tindakan yang efektif untuk mencegah penularan PMK”, imbuh Mustofa.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Karangdinoyo Bripka Achmad Wahyudin yang juga ikut dalam pengecekan hewan mengatakan bahwa kegiatan pengecekan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk pencegahan PMK di Desa Karangdinoyo yang saat ini nihil kasus PMK. Selain pengecekan ke kandang – kandang milik warga, upaya pencegahan juga dilakukan sosialisasi kepada masyarakat saat bertemu dan berbincang – bincang sambang ke rumah warga tentang adanya wabah PMK dengan memberikan informasi mengenai ciri – ciri hewan yang terjangkit PMK serta pencegahannya.

Baca Juga :   Tim Kesehatan Hewan di Margomulyo Awasi Hewan Ternak yang Masuk Bojonegoro

“Saat ini Pemprov Jatim sedang berupaya mencegah wabah ini menyebar lebih banyak lagi dengan menutup sementara lokasi perdagangan hewan ternak di wilayah Jatim serta memberikan informasi mengenai penyebaran virus PMK agar bisa diwaspadai oleh masyarakat pemilik hewan ternak”, ucap Bripka Yudi.

Selain mengecek kondisi hewan ternak di kandang penggemukan millik Muhadi, kegiatan juga dilakukan pengecekan kebersihan lokasi kandang dan penyemprotan disinfektan dikandang dan dinding – dinding kandang serta disekitar kandang

Penulis : Syafik

Sumber : Humas Polres

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *