Pilkades Ala Desa Pacul; Berdemokrasi dan Bahagia

oleh
Warga Desa Pacul Kecamatan Kota Bojonegoro mendatangi Balai Desa untuk Menggunakan Hak Pilihnya, pada pelaksanaan Pilkades serentak yng digelar Rabu 19-2-2020.Foto/Syafik

Bojonegoro-Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) digelar serentak di 233 desa di Kabupaten Bojonegoro, Rabu 19-2-2020. Salah satunya yaitu Pilkades di Desa Pacul, Kecamatan Kota Bojonegoro, dimana warganya akan memilih kepala desa untuk periode 2020-2026.

Sama dengan daerah lainnya, masyarakat di desa berlokasi pinggir selatan Kota Bojonegoro ini, terlihat antusias mengikuti proses pemilihan. Indikasinya adalah sejak pukul 07.00 WIB masyarakat sudah mendatangi balai desa untuk menggunakan hak pilihnya.

Di Desa Pacul Kecamatan Kota Bojonegoro, sejak dibuka pukul 07.00 WIB oleh Ketua Panitia  Budi Raharjo, masyarakat sudah mulai antre. Terhitung sampai pukul 10.30 WIB jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya sudah mencapai 2 ribu orang dari total hak pilih 3.780 pemilih. “Sejak pukul tujuh sudah rame,” kata Yazid warga Pacul.

Di Pilkades Desa Pacul ini terdapat tiga calon. Yakni nomor urut 1 Eko Supriyadi, nomor urut 2 Wagimin dan Kasmidi dengan nomor urut 3. Ketiga calon duduk di kursi yang disediakan oleh Panitia Pilkades, tampak bersandau gurau. Mereka tidak tampak ketegangan di wajah-wajah tiga calon kades ini.

Baca Juga :   Polres Bojonegoro dan PMI Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Sikap tiga calon Kepala Desa Pacul ini mendapat apresiasi dari anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pacul. Menurut anggota BPD yang enggan disebutkan namanya ini, suasana keakraban dan kekeluargaan ke tiga calon kepada desa ini perlu dicontoh. “Pemimpin itu sudah ditulis takdirnya,” kata pria ini.

Yazid menambahkan, kegiatan dan segala proses yang menyertainya, termasuk berkompetisi menjadi yang terbaik. Juga mendapatkan simpati dari warganya adalah sebagai hanya sarana.

Sebelumnya, digelar Operasi Mantap Praja Angling Dharma 2020 kesiapan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak gelombang III Tahun 2020 di Kabupaten Bojonegoro. Pihak Polres Bojonegoro menggelar Apel Pergeseran Pasukan bertempat di Alun – alun Bojonegoro, Pada Selasa 18-2-2020 yang di mulai pukul 07.30 WIB.
Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah dalam amanatnya menyampaikan Apel Penerimaan dan pergeseran pasukan BKO Polda Jatim ini dengan tujuan mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan.

Baca Juga :   Jelang Suroan, Polres Bojonegoro dan PSHT Sepakat Jaga Keamanan

Pilkades tahun 2020 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena dilaksanakan secara serentak sebanyak 233 Desa. “Kondisi ini akan menuntut adanya upaya maksimal dari pihak keamanan terutama Kepolisian untuk dapat menjaga stabilitas situasi kamtibmas di Kabupaten Bojonegoro” tandasnya.
Penulis : Syafik
Editor : Sujatmiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *