Petani Harap Waspada, Di Bojonegoro Marak Pencurian Mesin Traktor, Sudah Ada 10 Kejadian

oleh -
oleh
Petani bersama traktornya di persawahan wilayah Kecamatan Kapas

Bojonegoro, damarinfo.com – Aksi pencurian mesin Traktor di persawahan milik petani marak terjadi di Kabupaten Bojonegoro, aksi pencurian yang menyasar pada mesin-mesin Traktor yang di tinggal di tengah persawahan tersebut harus menjadikan waspada bagi para petani dalam menaruh traktornya selama di tinggal.

Data yang di himpun dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro ada sebanyak 10 kejadian di tiga Kecamatan, dengan rincian di wilayah Kecamatan Kanor ada sebanyak 2 kejadian, di wilayah Kecamatan Purwosari 1 kejadian dan di wilayah Kecamatan Kapas ada sebanyak 7 kejadian.

Baca Juga :   Polisi Bojonegoro Jalani Tes Urine

“Siapapun bisa mengambil mesin traktor yang di taruh di sawah, kecuali di depan rumah,” ujar Kasat Reskrim AKP Fahmi Amarullah kepada damarinfo.com 17-Januari-2024.

AKP Fahmi Amarullah Kasatreskrim Polres Bojonegoro

Menurut Kasat Reskrim Polres Bojonegoro, yang bisa menjaga atas keamanan tersebut adalah mulai dari diri kita sendiri, karena meskipun pelaku awalnya tidak ada niat melakukan pencurian, namun ada kesempatan maka aksi pencurian akan terjadi. Sehingga dalam menaruh traktor selain di depan atau samping rumah harus tetap di beri pengaman seperti mesin traktor di beri alat petutup kemudian di gembok.

Baca Juga :   Satreskrim Polres Bojonegoro Bersama Sikum, Siwas Lakukan Restorative Justice Kasus Penganiayaan

“Kalau traktor di taruh di sawah apalagi tanpa pengamanan akan memudahkan aksi pencurian. Dan saat ini para pelaku dalam penyelidikan,” tandas mantan Kasat Reskrim Kepulauan Seribu ini.

Pelaku pencurian mesin traktor di ancam dengan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) pasal 362, jika di lakukan siang hari dan pasal 363, jika di lakukan pada malam hari.

“Dengan ancaman pidana kurungan penjara di atas 5 tahun,” pungkas lulusan Akademi Kepolisian tahun 2012 / Angkatan 44 Detasemen Wiratama Bhayangkara ini.

 

Penulis : Rozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *