Perubahan Dapil dan Tantangan Bagi Incumbent

oleh
oleh

Bojonegoro, damarinfo.com – Terjadi penambahan Daerah Pemilihan (Dapil) yang sebelumnya 5 Dapil bertambah satu menjadi 6 Dapil menjadi tantangan bagi para Calon Legislatif (Caleg) untuk meraup suara pemilih yang tinggi. hal ini tentu di rasakan oleh para Caleg Incumbent yang kembali maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Ketua Partai DPC Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Bojonegoro Sahudi misalnya, sebelumnya di Dapil 5 meliputi Kecamatan Kalitidu, Malo, Padangan, Kasiman, Kadewan dan Gayam sekarang di Dapil 6 dengan kehilangan dua kecamatan yaitu Kecamatan Purwosari dan Ngasem, di dua kecamatan ini di Pileg 2019 mendapatkan sebanyak 3.500 lebih suara pemilih.

Baca Juga :   Solusi Kemandirian Fiskal, Berikut Penjelasan Anggota DPRD Lasuri.

“Ya kalau hitung-hitungan dengan hilangnya dua kecamatan Purwosari dan Ngasem, saya kehilangan 3.500 suara lebih,” ujarnya pada damarinfo.com Rabu, 17-Mei-2023.

Lanjut pria yang menjabat anggota DPRD Bojonegoro dua periode ini, jika di Dapil 6 tersebut ada sebanyak 8 incumbent dan jumlah kursi juga 8 sehingga kedepannya tentu lebih intensif untuk meraih simpati masyarakat. Akan tetapi tetap optimis dengan kondisi solidnya baik di tingkat struktural, dan antar caleg di partai Gerindra.

“Tentunya kita akan lebih intensif, karena terjadi perubahan Dapil ini,” tandas pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Bojonegoro tersebut.

Masih menurut Sahudi, partai yang ia pimpin tersebut menargetkan minimal 8 kursi dan maksimal 10 kursi dalam perolehan Pileg 2024 nantinya.

Baca Juga :   Bojonegoro Akan Miliki Perda Kawasan Tanpa Rokok

Sementara itu, Lasuri Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan jika dengan terjadi perubahan Dapil dengan bertambah satu dapil menjadi tantangan tersendiri dan tentunya Caleg memiliki persoalan sendiri-sendiri. Di Dapil 3 misalnya sebelumnya Baureno, Kepohbaru, Kedungadem dan Sugihwaras sekarang berubah Kecamatan baru yaitu Kanor dan hilang 2 Kecamatan Kedungadem dan Sugihwaras.

“Ini menjadi tantangan tersendiri dan membuat Caleg lebih mendekatkan diri kepada calon pemilih tentunya,” tuturnya.

Target PAN di Pileg 2024 masing-masing Dapil mendapatkan minimal 1 kursi.

 

Penulis : Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *