Pending Dua Tahun, Jamaah Umroh Sudah Bisa Berangkat

oleh
oleh
(Masjidil Haram.)

Bojonegoro, damarinfo.com – Sejak awal Januari 2022 Pemerintah Indonesia sudah memberangkatkan jamaah umroh. Hal itu sesuai Surat Eadaran (SE) Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI nomor: B-04008/DJ/DT.II.3/Hj.9/01/2022 tentang penyelenggaraan ibadah Umrah 1443 H.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Bojonegoro Yasmani mengatakan, untuk pelaksanaan umroh sudah dibuka sejak 8 Januari 2022 lalu dan pada bulan Januari se-Indonesia ada sebanyak lima ribu lebih jamaah yang berangkat. Dan sesuai SE Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji salah satu poin dari surat tersebut menyebutkan, bahwa pemberangkatan jemaah umrah kembali dibuka pada Sabtu, 8 Januari 2022.

Baca Juga :   154 Calon Jamaah Haji Asal Bojonegoro Belum Lunasi BiPIH

“Yang berangkat hari ini, yang 2 tahun lalu sudah di pending pemberangkatannya,” ujar pria asal Desa Bendo Kecamatan Kapas ini.

Lanjut Yasmani, untuk data berapa jamaah umroh yang berangkat dari Kabupaten Bojonegoro, Ia tidak bisa menyampaikan, karena semua dilakukan oleh Kantor Wilayah di Surabaya. Pemberangkatannya dilakukan oleh travel resmi dan di Kabupaten Bojonegoro baru ada satu travel resmi dan satu lagi berupa cabang.

Baca Juga :   Pihak Kemenag Pastikan Tidak Ada Pemotongan BOS untuk Madrasah

“Keberangkatan harus ada travel resmi, kalau perkumpulan bahaya, nanti siapa yang tanggung jawab, dan banyak penipuan juga,” tandas mantan Kasi Pendma Kemenag Kabupaten Ngawi ini.

Sementara itu, untuk biaya pemberangkatan umroh dari Kementrian Agama tidak ada patokan seperti halnya pendaftaran haji. semua di lakukan masing-masing travmel untuk mahal murahnya biaya karena menyangkut fasilitas serta tujuan selain ibadah umroh sesuai yang di promokan travel tersebut.

Penulis : Rozikin

Editor : Sujatmiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *