Pendamping Desa Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas

oleh
oleh
(Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa, Cafe Sor Asem Desa Pejambon, Selasa 19-7-2022. Foto : Rozi)

Bojonegoro, damarinfo.com– Asosiasi Pendamping Desa Indonesia (APDI) Cabang Bojonegoro lakukan kegiatan peningkatan kapasitas untuk Tenaga Pendamping Profesional Pendamping Desa secara claster. Di Cafe Sor Asem Desa Pejambon, Kecamatan Sumberrejo 19-Juli-2022.

Peserta dalam kegiatan ini meliputi, Pendamping Desa yang menjadi anggota APDI Bojonegoro dari 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Sumberrejo, Kanor dan Baureno. Turut hadir dalam kegiatan Ketua APDI Cabang Bojonegoro, Divisi Akreditasi dan Sertifikasi PC APDI Bojonegoro dan Koordinator Kecamatan APDI dari 3 Kecamatan Tersebut.

Kegiatan ini adalah sebagai wujud nyata APDI Bojonegoro dalam melakukan pembinaan anggotanya dalam meningkatkan kinerja pendamping dalam memberikan layanan, fasilitasi dan pendampingan di desa dan kecamatan dampingannya. Kegiatan ini dilakukan maraton dari kecamatan ke kecamatan lainnya. Dimulai dari kecamatan yang berada di timur wilayah Bojonegoro mengarah ke barat wilayah Bojonegoro. Dengan sistem zonasi harapanya kegiatan ini bisa lebih maksimal dalam penyampaian materi2 yang di berikan.

Koordinator APDI kecamatan Boureno Abdul Muchit mengapresiasi kegiatan tersebut

Baca Juga :   Laporan Pendamping Desa Bojonegoro Pecahkan Rekor

“kegiatan ini sangatlah kita butuhkan meninggat sudah lama kita tidak diberikan pembekalan oleh Koordinator Wilayah Propinsi (KPW) Jatim. Jadi seolah-olah kegiatan ini akan merefresh pemahaman kita akan tugas pokok dan fungsi pendamping desa,” tuturnya.

Sementara itu, divisi akreditasi dan sertifikasi PC APDI Bojonegoro Agus Wahyudi mengatakan, kegiatan ini sebagai gerakan responsif kita terhadap Skema SKKNI Pendamping yang telah di wacanakan oleh kementerian desa baru-baru ini.

“Selain kegiatan peningkatan kapasitas, kami juga memaparkan terkait dengan wacana kementrian desa tentang Skema SKKNI Pendamping, yang artinya setiap pendamping harus siap dalam meningkatkan kompetensi nya untuk mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia,” tandasnya

Baca Juga :   Mustakim : BKD Pemicu Meningkatnya Indeks Desa Membangun Bojonegoro

Ketua PC APDI Bojonegoro Ah. Mubin Masduqi menejelaskan, kegiatan ini adalah salah satu program yang direncanakan oleh PC. APDI Bojonegoro dan salah satu wujud pendampingan dan pembinaan anggota dan pengurus APDI dalam menjalankan fungsi dan tugas pendamping desa.

“Harapan kami, dengan adanya kegiatan ini koordinator kecamatan dan anggota APDI di tingkat kecamatan dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi pendampingan secara komprehensif,” pungkasnya

Kegiatan ini di inisiasi oleh PC. APDI Bojoengoro, dalam kegiatan tersebut ketua PC. APDI Bojoengoro menjadi narasumber tunggal dalam kegiatan peningkatan kapasitas tersebut dan kegiatan ini diikuti sebanyak 15 peserta dari pengurus dan anggota APDI dari tiga Kecamatan .

Penulis : Rozikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *