Pemerintah Putuskan 1 Ramadhan 1445 H/2024 Jatuh pada Hari Selasa 12 Maret

oleh
oleh
(Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas Membacakan Hasil Sidang Isbat 1 Ramadhan 1445 H/2024 M di Kantor Kementerian Agama RI, Minggu 10-3-2024. Foto: Tangkapan Layar kanal youtube Kementerian Agama RI)

Damarinfo.com – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama memutuskan 1 Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 jatuh pada Hari Selasa, 12-Maret-2024. Hal ini diputuskan dalam Sidang Isbat yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Jakarta pada tanggal 10-Maret-2024. Keputusan Sidang Isbat dibacakan langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

Menteri Agama Gus Yaqut-biasa disapa- menyampaikan bahwa dan Indonesia bersama dengan negara-negara ASEAN yang masuk dalam anggota mabims yaitu Menteri Agama Brunei Darussalam Indonesia Malaysia dan Singapura pada tahun 2021 yang lalu telah bersepakat bahwa kriteria visibilitas Hilal atau yang dikenal dengan imkanur rukyat yaitu tinggi Hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat dan kesepakatan ini menjadi pedoman EMP negara mabims tadi dalam menetapkan awal bulan hijriah

Baca Juga :   Sahabat Anis, Apotek Muslimah dan Seniman Bojonegoro Kulon Berbagi Takjil

“Oleh karena itu berdasarkan Hisab Hilal di beberapa daerah di Indonesia sudah di atas ufuk dan tidak memenuhi kriteria mabims baru serta ketiadaan laporan melihat Hilal, sidang isbat secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024 masehi” Kata Gus Yaqut dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui kanal youtube kementerian agama RI, Minggu 10 Maret 2024.

Lanjut Gus Yaqut berharap mudah-mudahan dengan hasil sidang itbat ini seluruh umat Islam di Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa dengan kekhusyukan. Gus Yaqut juga menyampaikan bahwa ada beberapa perbedaan dan itu lumrah saja.

Baca Juga :   Awal Ramadhan 1444 H, NU dan Muhammadiyah "Bisa" Bareng.

“namun kita harus tetap saling menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi sehingga tercipta suasana yang kondusif” Kata Gus Yaqut.

Penulis : Syafik

Sumber : Kanal Youtube Kementerian Agama RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *