Pemerintah Daerah Siap Mendukung Dalam Pengamanan Ops Lilin Semeru 2023

oleh
oleh
Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro Andik Sujarwo (Batik Korpri) usai mengikuti Rakor Operasi Lilin Semeru 2023 di Mapolres setempat, 18-12-2023

Bojonegoro, damarinfo.com – Kepala Dinas Perhubingan Kabupaten Bojonegoro Andik Sujarwo menyampaikan, Jika Pemerintah Daerah siap mendukung dan kerjasama dalam pengamanan Operasi Lilin Semeru 2023. Yang mana masa libur natal dan tahun baru bertepatan dengan masa libur sekolah dimulai 17 Desember 2023 – 1 Januari 2024.

“Siap mendukung dan kerjasama dalam pengamanan Operasi Lilin Semeru 2023,” Ujar Andik Sujarwo dalam sambutannya dalam Rakor lintas sektoral di Polres Bojonegoro, Senin 19-Desember-2023.

Rakor tersebut dihadiri, Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, Pj. Bupati Bojonegoro yang diwakili Kadishub, Andik Sujarwo, Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol Czi. Arief Rochman Hakim, para Pejabat Utama (PJU) Polres Bojonegoro, Kapolsek jajaran, Danki 3 Yon C Sat Brimob Polda Jatim, perwakilan dari Subdenpom V/2-1 Bojonegoro, Satpol PP, Dinkes, BPBD, Dinas LH, Dinas Pariwisata, Dinas PU dan Binas Marga, Damkar, Terminal Rejekwesi Bojonegoro, Stasiun KA Bojonegoro, Ketua Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP), Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)Bojonegoro, Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag), MUI Bojonegoro, Pendeta dan pengurus tempat hiburan se Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Kapolres Bojonegoro mengatakan pada penghujung tahun ini akan dihadapkan pada kalender Kamtibamas yang patut menjadi atensi seluruh jajaran Polri dan instansi terkait yaitu hari raya Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024. Selain itu, peningkatan aktifitas akan berpusat pada pusat keramaian seperti tempat ibadah, tempat hiburan, pusat perbelanjaan, obyek wisata, stasiun kereta api, terminal bus serta jalan-jalan protokol yang akan menjadi titik kumpul masyarakat dalam pergantian tahun nanti.

“Hari ini kita gelar rakor sebagai wadah komunikasi antara Polri, TNI, Pemerintah Daerah serta tokoh-tokoh agama, dalam upaya menjaga kamtibmas di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Kita libatkan seluruh instansi dan tokoh-tokoh agama yang hadir untuk memberikan saran masukan bagi kelancaran pelaksanaan kegiatan pengamanan,” papar Kapolres, AKBP Mario Prahatinto.

Lanjut Kapolres, dalam pengamanan Nataru nanti akan digelar Operasi (Ops) Terpusat dengan sandi Ops. Lilin Semeru 2023 dalam upaya mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif selama Nataru.

“Ops. Lilin Semeru 2023 akan dilaksanakan selama 12 hari terhitung mulai tanggal 22 Desember dan selesai tanggal 2 Januari 2024. Operasi ini bersifat kemanusiaan dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif,” jelasnya.

Pihaknya meminta seluruh personel yang terlibat pengamanan agar merumuskan dan merencanakan terobosan kreatif.

“Khususnya menentukan langkah-langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif, serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien, dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah. Mohon kerjasama dan dukungan mudah-mudahan dalam pelaksanaan Ops. Lilin Semeru 2023 dapat berjalan dengan lancar, apabil terjadi kendala agar segera dilaporkan,” pungkas Kapolres.

Sambutan Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol Czi. Arief Rochman Hakim mengatakan jajaran Kodim 0813/Bojonegoro siap bersinergi dalam pengamanan Nataru diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Untuk personel Kodim 0813/Bojonegoro siap diperbantukan dalam pengamanan kegiatan keagamaan dan patroli skala besar. Kita juga siap personel siaga oncall di Makodim,” tandas Dandim.

Rakor tersebut dilanjutkan paparan dari Kabag Ops, para Kasat Opsnal dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Penulis : Rozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *