Pelajar Lembaga Walisongo Bagi-bagi Masker ke Pedagang Pasar

oleh
(Para murid di Lembaga Pendidikan Walisongo membagikan gratis masker kepada para pedagang di Pasar Sugihwaras, Bojonegoro. . Foto/Syafik)

Bojonegoro- Para murid di Lembaga Pendidikan Walisongo, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro, mengadakan kegiatan sosial. Satu di antaranya membagikan masker kepada para pedagang yang ada di Pasar Sugihwaras.

Di tengah pandemi virus corona, kegiatan ini jadi menarik. Karena ada proses pembelajaran untuk peduli lingkungan oleh para murid sekolah ini. Meski terlihat sederhana, yaitu membagikan masker, pesan sosialnya jadi tersampaikan.

Ya, sejumlah murid terlihat berada di tengah kerumunan puluhan pedagang di Pasar Daerah Kecamatan Sugihwaras. Mereka membagikan gratis masker, kepada para pedagang yang telah berada di lokasi pasar sebelum waktu Subuh berkumandang.
Puluhan pedagang yang sebagaian besar perempuan itu, tiap hari melakukan transaksi di bagian selatan pasar milik Pemerintah kabupaten Bojonegoro itu.

Merebaknya penyebaran virus corona menjadikan para pedagang rentan tertular dan menulari. Pasalnya mereka kebanyakan tidak memakai masker. Juga saat transaksi dalam jarak dekat dan tidak ada sarana cuci tangan yang memadai. Kondisi itulah yang mendorong para pelajar dari Lembaga Pendidikan Walisongo Sugihwaras berbagi masker kepada para pedagang sayur keliling.

Baca Juga :   Rapid Test di Pasar  Kedungadem, Sugihwaras dan Ngraho; Tiga Reaktif

Menurut salah satu guru di Lembaga Walisongo, Abidin, kegiatan yang dilakukan bersama para pelajar sebagai partisipasi dalam pencegahan penyebaran covid-19 di Kecamatan Sugihwaras “Juga sebagai pembelajaran kepedulian pelajar kepada lingkungan sekitarnya,” katanya.

Abidin menambahkan, masker yang dibagi Sabtu Pagi 4-4-2020, pukul 05.30 WIB adalah hasil dari para pelajar sendiri di bawah bimbingan guru keterampilan menjahit. Bahannya dari katun dan setiap masker dibuat dua lapis.

Salah satu siswa kelas XI IPA, MA Walisongo Sugihwaras, Anis Kusumawardhani mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pagi ini adalah salah satu bentuk penerapan ilmu yang dipelajari selama ini, yakni PPKN. “Kita ingin membantu mencegah penyebaran virus corona,” kata Anis-panggilanya.

Baca Juga :   Ular Kobra Indukan Masuk ke Teras Rumah di Ngumpak Dalem

Pedagang serabeh di Sugihwaras, Mbak Yah berterima kasih atas pemberian masker. Apalagi masker yang dimilikinya sudah rusak, karena dibuat mainan oleh anaknya.
“Matur nuwun wis oleh sing anyar (terima kasih sudah dapat yang baru),” katanya.

Salah satu program pencegahan penyebaran covid-19 ini dari Lembaga MTs/MA/SMK Walisongo, adalah memproduksi masker sendiri. Masker ini rencannya juga dibagikan kepada murid dan wali murid serta masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan lain, juga melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekolah. Mulai di ruang kelas, laboratorium, ruang guru dan lain.
Penulis : Syafik
Editor : Sujatmiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *