Pasien Sakit Batuk di Bojonegoro Dirawat di Ruang Isolasi

oleh
RSUD dr Sosodoro Djatikusumo Bojonegoro, di Jalan Veteran Kota Bojonegoro.Foto/Kanal.bojonegoro

 

Bojonegoro- Seorang pasien sakit batuk dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sosodoro Djatikusumo, Bojonegoro, mulai Kamis malam 12-Maret-2020. Pasien bersangkutan dalam status pemantauan penuh oleh sejumlah dokter di rumah sakit tersebut.

Ini adalah pasien dengan sakit batuk yang pertama kali dirawat di ruang isolasi RSUD dr Sosodoro Djatikusumo. Selama ini, ruang isolasi khusus digunakan untuk pasien yang diduga atau suspect virus corona. Sejak ditunjuk Pemerintah Pusat lewat Kementerian Kesehatan sebagai salah satu rujukan pasien virus corona, rumah sakit tersebut langsung menyediakan dua kamar isolasi khusus.

Sedangkan pasien yang kini tengah dirawat, adalah rujukan dari  Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Indikasinya karena mengalami batuk-batuk dan belum ada hasil laboratorium soal indikasi penyakit lain. Pasien dirujuk ke rumah sakit pada pada Kamis malam sekitar pukul 20.30 waktu setempat, dan langsung masuk ke Unit Gawat Darurat, selanjutnya dipindah ke ruang isolasi lantai dua rumah sakit pelat merah tersebut.

Baca Juga :   Bojonegoro Bagikan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Atas kedatangan pasien bersangkutan, pimpinan RSUD dr Sosodoro Djatikusumo, langsung menggelar rapat. Di antaranya mulai dari status pasien yang sakit batuk, kemudian pemeriksaan laboratorium dan perawatan di ruang isolasi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada di ruang isolasi.

Humas RSUD dr Sosodoro Djatikusumo Bojonegoro drg Thomas Djaja membenarkan jika ada pasien yang dirawat di ruang isolasi. Tetapi, pasien bersangkutan sakit batuk biasa. Selain itu, hasil laboratorium untuk sementara ya sakit batuk.”Batuk biasa,” tegasnya pada, Jumat 13-Maret-2020.

Baca Juga :   Rumah Sakit Blora Siap Terima Pasien Suspect Korona

Thomas Djaja juga menyatakan, bahwa riwayat pasien juga tidak pernah pergi keluar negeri. Juga tidak pernah bergaul dengan orang dari luar negeri. “Sakit batuk biasa,” imbuhnya mengulang.

Pejabat sementara Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro dr Ani Pujiningrum, belum bisa dikonfirmasi. Telepon selularnya tidak menjawab saat damarinfo.com menghibungi. Juru Bicara Pemeriintah Kabupaten Bojonegoro, Masirin membenarkan jika ada pasien yang kini dirawat di ruang isolasi RSUD dr Sosodoro Djatikusumo, Bojonegoro. “Kita sudah dapat keterangan dari pihak Dinas Kesehatan Bojonegoro. Jadi, pasien bersangkutan sakit batuk biasa,” tandasnya.
Penulis : Sujatmiko/Rozikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *