Pasca Lebaran, di Bojonegoro Harga Beras, Daging Ayam dan Daging Sapi, Koq Naik Ya.

oleh
oleh
Gudang beras Bulog di Kalitidu, Bojonegoro.Foto/dok.damarinfo

Bojonegoro, damarinfo.com – Warga di Bojonegoro heran dengan kenaikan harga beras, daging ayam dan daging sapi pasca lebaran 2023 ini. Kenaikan ini tidak seperti yang biasa terjadi pasca lebaran tahun sebelumnya, yang biasanya harganya turun.

Data di Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, sejumlah kebutuhan pokok yang naik terhitung Senin 1 Mei 2023. Seperti beras medium atau rojo lele Rp11.000 perkilogram. Kemudian beras premium Ir 64 (mahkota) Rp13.500 perkilogram serta beras teratai (super) Rp14.000 perkilogram.

Sementara harga daging ayam broiler Rp 38.000 perkilogram, kemudian daging ayam kampung Rp85.000 perkilogram, serta daging sapi Rp 115.000 perkilogram.

Sementara jika dibandingkan dengan harga beberapa hari sebelum Idul Fitri, harganya justru masih di bawah sekarang ini. Seperti di Pasar Pariwisata Bojonegoro dan Pasar Besar Bojonegoro, harga beras medium Rp 10.500 perkilogram. Begitu juga dengan harga beras premium Rp 12.500 perkilogram dan beras super (mahkota) hanya Rp 13.000 perkilogram. Tak hanya itu harga ayam kampung juga sebelumnya tertinggi Rp 70.000 perkilogram, daging ayam broiler Rp 30.000 perkilogram serta daging ayam sapi Rp 110.000 perkilogram. “Harga beras dan daging ayam serta daging sapi masih naik,” ujar Darno,53, tahun, pedagang  beras di Pasar Pariwisata Bojonegoro pada Ngopibareng.id, Senin 1 Mei 2023.

Baca Juga :   Bojonegoro Bagikan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Naiknya harga beras juga membuat heran pemilik warung nasi goreng ‘Ireng Manis’ Tiyok, di Kota Bojonegoro. Selama ini, untuk beli beras biasanya langsung di selep (penggilingan gabah-beras) di Kecamatan Kapas Bojonegoro. Misalnya untuk beras rojo lele langsung di selep, harganya antara Rp 9500 perkilogram hingga 10.000 perkilogram. Tapi, sekarang ini usai Idul Fitri, harga di tempat selep Rp 10.500 perkilogram.

Baca Juga :   Antisipasi Kelangkaan, Polisi Bojonegoro Gelar Sidak Sembako

“Ini tentu membuat kami bertanya-tanya, karena harga beras yang biasanya turun setelah lebaran, kini justru naik harganya,” tegasnya, Senin 1 Mei 2023.

Padahal, lanjutnya, saat ini sejumlah desa di beberapa kecamatan tengah panen padi. Tetapi justru yang terjadi, harga beras naik. Makanya dia berharap Pemerintah Bojonegoro bisa menekan harga kebutuhan pokok terutama beras.

Penulis: Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *