Paramedik Kesehatan Hewan Bangun Kejasama dengan Unair Surabaya

oleh
oleh
(Ketua DPP Paveti Indonesia Andadari Wijayanti, Foto : Facebook DPP PAVETI)

Bojonegoro- Perkumpulan Paramedik veteriner Indonesia (PAVETI) atau dikenal dengan paramedik kesehatan hewan membangun kerjasama dengan Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya. Kerjasama ini dalam bentuk Pelatihan dan Uji kompetensi Paramedik Veteriner. Rencanya Kesepahaman Kesepakatan atau Memorandum Of Understanding (MOU) akan ditanda tangani oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAVETI Andadari Wijayanti dan Profesor Widi Hidayat Dekan Fakultas Vokasi Unair Surabaya.

Unair dalam hal ini Fakultas Vokasi menjadi satu-satunya lembaga yang dipercaya oleh Badan Nasional Sertefikasi Nasional (BNSP) untuk melaksanakan uji kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Wakil Ketua Bidang Pengembangan Profesi  PAVETI Indonesia Dumaeri A.Md Kesehatan Ternak mengatakan kerjasama ini menjadi penting bagi para pelaku kesehatan ternak atau Mantri Hewan agar memiliki standar kompetensi yang diperlukan agar memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“agar para mantri hewan semakin profesional dalam menjalankan tugas” Kata Pria asal Kecamatan Balen Bojonegoro ini.

Baca Juga :   Pengurus PAVETI Bojonegoro Terbentuk

Sementara itu Ketua DPP PAVETI Andadari Wijayanti dalam kesempatan pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PAVETI Lumajang, Jember dan Situbondo, seperti dikutip dari jatimtimes.com mengatakan bahwa kehadiran PAVETI bisa membantu pemerintah dalam mewujudkan swasembada ternak, karena selama ini tidak banyak orang yang tahu Veteriner (mantri hewan) ini kehadirannya di tengah masyarakat sangat membantu.

Baca Juga :   Pengurus PAVETI Bojonegoro Terbentuk

Andadari-panggilanya- mencontohkan selama ini masyarakat hanya tahu kalau hewan sakit, diperiksakan ke dokter hewan, itupun kebanyakan adalah hewan-hewan piaraan atau pet, sedangkan hewan-hewan ternak, hanya dibawa ke dokter hewan ketika hewannya sakit, padahal para Veteriner atau mantri hewan itu banyak sekali profesi yang dibagi. Diantaranya Ada Veteriner ATR, yaitu Asisten Teknis Reproduksi, ada Veteriner KB yang menangani Kebuntingan, dan Veteriner IB yaitu Inseminasi Buatan.

“padahal, selain itu keberadaan Veteriner sangat membantu, diantaranya meningkatkan swasembada ternak maupun daging” Pungkas Andadari

Penulis : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *