Upaya Pembunuhan Soekarno saat Sholat Idoel Adha

oleh
(Soekarno saat melaksanakan sholat idul adha)

Damarinfo.com – Presiden Soekarno ternyata juga tidak lepas dari upaya pembunuhan, beruntungnya upaya tersebut gagal. Soekarno pun selamat dari upaya pembunuhan tersebut.

Sebuah koran berbahasa belanda “De Nieuwe Limburger” edisi 14 Mei 1962 memberitakan peristiwa tersebut.  Dalam berita disebutkan bahwa berdasar kan siaran radio radio Jakarta, yang diterima di London, upaya pembunuhan terhadap Presiden Sukarno gagal. Menurut radio Jakarta, lima orang terluka ringan dan pria yang menembak presiden Indonesia telah ditangkap.

(Potongan Koran De Nieuwe Limburger Edisi 14 Mei 1962 Soekarno Tangkapan Layar. :di download dari https://www.delpher.nl/)

Teks pengumuman resmi Radio Jakarta tentang upaya pembunuhan terhadap Presiden Sukarno, seperti yang terdengar di London, berbunyi:

“Berikut ini adalah pengumuman resmi Istana Kepresidenan yang diberikan oleh Letnan Kolonel Sabur. Bahkan sebelum perayaan Idul Adha dimulai, aparat keamanan negara mendapat kabar bahwa pemimpin Darul Islam, Kartosoewirjo, telah memerintahkan sembilan anak buahnya untuk menyerang Presiden Sukarno.

Menanggapi hal ini, polisi negara bagian mengambil tindakan tertentu. Peristiwa ini terjadi saat Presiden akan melaksanakan Sholat  Idul Adha  di Stadion Ikada pada pukul 07.50 WIB, tiba-tiba seseorang melepaskan beberapa kali tembakan ke arah Presiden Soekarno. Dengan perlindungan Tuhan, presiden tidak terluka oleh tembakan.

 Penyerang langsung ditangkap. Investigasi telah diluncurkan.  Lima orang terluka akibat serangan itu. Diantaranya adalah: 1. Zainoel Arifin, Ketua DPR, 2 Kiai Hadji Idham Chalid, Wakil Ketua MPR; 3 Wakil Inspektur Polisi (nama tidak jelas), pengawal pribadi Presiden, 4 Polisi (nama mungkin) Soesilo, pengawal pribadi Presiden; 5 Mohammed Noor, kepala istana.meskipun ada  insiden itu. Sholat tetap berjalan seperti biasa, kata pengumuman itu.

Penulis : Syafik

Baca Juga :   Mentjari Indonesia
Awal Beridirnya PSSI dan Kongres Pertamanya di Solo

Sumber : Koran De Nieuwe Limburger Edisi 14 Mei 1962 Soekarno Tangkapan Layar. :di download dari https://www.delpher.nl/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *