Mentjari Indonesia
Keindahan Indonesia Jaman Kolonial Belanda di Mata Kameramen Jepang

oleh
oleh
(Foto Candi Borobudur tahun 1930. K.T. Satake, Camera-Beelden Van Sumatra, Java &Bali, Surabaya 1935. Diunduh dari delpher.nl)

Damarinfo.com – Sebuah kebahagian tersendiri jika berselancar di dunia maya, menemukan foto-foto jaman dahulu tentang Indonesia. Melalui webiste depher.nl, menemukan sebuah dokumen tentang foto-foto Indonesia yang diabadikan dan dikumpulkan dalam sebuah buku oleh Kameramen Jepang yang diterbitkan pada tahun 1935.

K.T. Satake adalah kameramen dari Jepang yang melanglang buana ke pelosok negeri Indonesia pada tahun 1930, dia mengabadikan keindahan alam Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa dan Bali.

Dalam buku yang ditulis dalam Bahasa Belanda dan Inggris itu, K.T. Satake dalam kata pengantarnya menyampaikan “Sumatra, Jawa, Bali dan daerah-daerah lain di Pulau-pulau Hindia Belanda penuh dengan landscape/pemandangan yang indah yang masih murni dan belum tersentuh dengan peradaban dari barat”

K.T. Satake juga menyebut Indonesia sebagai  “Pesona surga yang luar biasa, yang masih begitu hijau dan cantik”. Kata pengantar ini ditulis K.T. Satake saat berada di London Inggris 19 Oktober 1933.

Jumlah foto yang diunggah di buku ini adalah 13 foto dalam cetakan berwarna, 88 Foto di Sumatra, 293 foto di Jawa dan 124 foto di Bali.

Berikut beberap foto di Sumatra,

(Balai Desa Minangkabau di Alahan Pandjang)
(Air Terjun di Bukit Rangkak

Berikut beberapa foto di Jawa

(Telaga Sarangan)
(Pantai di Pacitan)

Berikut beberapa foto di Bali

(Gerbang terbuka Pura Gelgel)
(Permainan Barong dengan Tari Sisije)

Foto-Foto K.T. Satake selain mengabadikan landscape juga mengabadikan manusia dan segala kegiatannya.

Penulis : Syafik

Sumber : K.T. Satake, Camera-Beelden Van Sumatra, Java &Bali, Surabaya 1935. Diunduh dari delpher.nl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *