Meningkat, Usaha BUMDes Binaan PEPC di Area Gas JTB

oleh
Manager JTB Site Office & PGA PT Pertamina EP Cepu, Edy Purnomo menjelaskan soal program diversifikasi produk batik kepada lima kelompok perajin batik yang telah dimulai sejak tahun 2014 lalu dan kini kian mandiri di Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro, Jawa Timur Jumat 17-Juli-2020. Foto/dok.Humas PEPC

Kegiatan usaha yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) binaan Pertamina EP Cepu (PEPC) terus meningkat. Pelbagai usaha yang dikelola warga di beberapa warga sekitar lapangan gas Jambaran Tiung Biru (JTB) mulai jadi tumpuan ekonomi masyarakat pedesaan.

Program yang dibantu tim Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan dalam hal ini PEPC mengelola sejumlah usaha. Satunya adalah program diversifikasi produk batik kepada lima kelompok perajin batik yang telah dimulai sejak tahun 2014 lalu dan kini kian mandiri.

Kemudian, juga program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi lainnya, yaitu budidaya ayam petelur. Program yang dimulai sejak tahun 2017 ini merupakan salah satu unit bisnis BUMDes yang hingga saat ini terus meningkat walaupun dalam situasi krisis ekonomi akibat pandemi ini.

Terdapat tiga BUMDes yang menjadikan budidaya ayam petelur ini sebagai unit bisnisnya, yaitu; BUMDes Makmur Rejo di Desa Bandungrejo, BUMDes Bumi Makmur di Desa Dolokgede dan BUMDes Cakra Mandiri di Desa Kacangan. Budidaya ayam petelur menjadi pilihannya karena komoditas telur yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat banyak diminati pasar. Pesanan banyak serta produksi yang baik membuat anggota kelompok usaha ini terus berjalan meski ada krisis ekonomi.

Baca Juga :   Wakil Kepala SKK Migas Semangati Tim Lapangan JTB

Manager JTB Site Office & PGA PT Pertamina EP Cepu, Edy Purnomo menjelaskan, program ini memiliki nilai strategis. Setidaknya dalam memberikan support ke masyarakat. Program ini sudah lama berjalan, namun ada perhatian yang lebih. Penting bagi kita untuk mendorong masyarakat agar bisa survive di tengah lesunya ekonomi global,” ujarnya saat mendampingi kunjungan pelaksanaan kegiatan CSR/ PPM di Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro, Jawa Timur Jumat 17-Juli-2020. Edy berharap
kunjungan bersama Pemda Bojonegoro ke depan dapat bersinergi lebih baik.

Baca Juga :   Proyek Jambaran Tiung Biru Berpotensi Dorong Peningkatan Ekonomi Kawasan

Dalam kegiatan peninjauan ini diikuti perwakilan Pemda Bojonegoro. Antara lain Bappeda, Dinas Budpar, Dinas Peternakan dan perikanan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Pemdes Dolokgede, Pemdes Kacangan serta Babinsa & Babinkamtibmas Dolokgede.

Adapun mitra binaan yang dikunjungi yakni Kelompok Perajin Batik Sekar Rinambat, Unit Usaha Budi Daya Ayam Petelur (Kapsitas 1500 ekor) di BUMDes Bumi Makmur, Unit Usaha Budi Daya Ayam Petelur (Kapasitas 2.500 ekor) di BUMDes Cakra Mandiri, yang seluruhnya berada di Kec Tambakrejo.

Pihak Pemerintah Bojonegoro berharap setelah mengikuti kunjungan ini kedepannya dapat menyusun rumusan kebijakan pembangunan ekonomi secara partisipatif sehingga program pendanaan CSR/ PPM bermanfaat bagi masyarakat Bojonegoro.
Penulis : Sujatmiko/Sumber Humas PEPC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *