Mengapa Disebut Pasar Wisata? Begini Penjelasan Bupati Bojonegoro

oleh -365 Dilihat
oleh
(Pasar Wisata Bojonegoro, Foto diambil pada tanggal 19-5-2022. Foto : Syafik)

Bojonegoro,damarinfo.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2021 membangun pasar yang disebut Pasar Wisata yang berada di Jalan Kopral Kasan Kelurahan Banjarejo Bojonegoro. Pembangunan pasar ini menelan anggaran sebesar Rp. 68,7 miliar yang dikerjakan oleh  PT. Citra Prasasti Konsorindo dari Bekasi. Pasar Wisata ini  dalam laman lpse.bojonegorokab.go.id disebut Pembangunan Pasar Banjarejo II.

Lalu mengapa dinamakan pasar wisata?

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menjelaskan bahwa wisata itu luas sekali, bisa wisata alam, bisa wisata edukasi, bisa wisata kuliner. Konsep pasar wisata terinspirasi dari pasar wisata  dbeberapa negara Asia, dari pasar yang tradisional itu kemudian bisa di kolaboratif dari bahan mentah menjadi bahan matang.

“sekarang baru proses yaitu penataan Pasar Lama Bojonegoro untuk pedagangnya bersedia dan memahami kebijakan Pemkab untuk direlokasi yang lebih bersih lebih teratur, lebih nyaman, dan ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai “ Kata Bupati Anna saat menanggapi pertanyaan Nasruli Husna sebagai host dalam acara “Rakyat Bertanya Bupati Menjawab” yang disiarkan langsung oleh Radio Malowopati dan Channel youtube Radio Malowopati Fm, Sabtu 21-1-2023.

Baca Juga :   Bojonegoro Anggarkan Rp. 19 Miliar untuk Eks Pasar Kota, Untuk Apa?

Lanjut Bupati Anna, setelah penataan itu baru pihaknya mendorong ke arah kuliner wisata, konsepnya  menyusul. Pihaknya saat ini sedang memantau beberapa pedagang warung atau kafe yang bersedia dilatih untuk menjadi trigger untuk di lantai dua menjadi pasar wisata kuliner.

“sekarang banyak ibu-ibu lebih ke instan yang langsung jadi nasi goreng jadi opor ayam jadi, alangkah baiknya jika kita bisa modifikasi barang-barang atau bumbu masak yang bisa kita jual dengan cara yang berbeda” Tambah Bupati Perempuan Pertama di Bojonegoro ini.

Bupati Anna juga menyampaikan bahwa Pasar Kota Pasar Lama di Jalan Majapahit itu sudah puluhan tahun dan juga ke arah tengah kota sekali dan alangkah baiknya kalau kita memang memikirkan untuk berjualan penjual pembeli yang makin nyaman. Dan dirinya tidak tabu  beberapa kebijakan-kebijakan memindahkan itu ke hal yang biasa, contohnya Pemerintah Pusat dengan gagasan dan ide dan menyiapkan ibukota akan pindah itu kan sesuatu yang terobosan.

Baca Juga :   Pasar Wisata Bojonegoro Butuh “MH Thamrin” di Sekitarnya.

“ jadi kalau soal pasar lama dipindah, kalau menurut saya tidak terlalu pekerjaan berat, cuman memang pedagangnya harus memahami terhadap Bagaimana kebijakan Pemkab untuk menata kota “ Ujar Bupati Anna.

Bupati Anna menambahkan bahwa sesuai data yang dimiki Pemkab Bojonegoro,  tanah yang ditempati pasar lama sekarang itu adalah tanah milik Pemkab, jadi itu artinya kalau tanah milik Pemkab maka tidak boleh kurangi jadi semuanya harus mengikuti kebijakan pemerintah, dan  tidak boleh ada yang mengklaim.

Penulis :syafik

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=aI2WrYpq1Cg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *