Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Resmi Dibuka untuk Umum

oleh
oleh
(Wapres Ma'ruf Amin saat menyampaikan Sambutan dalam Pembukaan Masjid Sheikh Zayed Solo, Selasa 28-Feberuari-2023. Foto : kemenag.go.id)

Damarinfo.com – Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) awal Nopember 2022 lalu, Masjid Sheikh Zayed belum dibuka untuk umum. Masyarakat yang penasaran dengan keindahan Masjid hadiah dari Uni Emirat Arab ini, berdatangan ke masjid yang berada di Solo ini, namun masyarakat hanya dapat melihat masjid tersebut dari luar pagar, karena belum dibuka untuk umum.

Akhirnya pada Hari Selasa 28-Februari-2023 Masjid Raya Sheikh Zayed Solo sudah dapat digunakan masyarakat. Pembukaan masjid ini diresmikan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin. Wapres berharap, Masjid Raya Syeikh Zayed Solo, dapat menjadi corong kesejukan dan kedamaian bagi masyarakat.

“Sekaligus [juga] dapat meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka membangun dan merawat harmoni kerukunan dan persatuan dalam dakwah wasathiyah dan rahmatan lil’alamiin menuju Indonesia yang lebih maju,” pesannya di Surakarta, Selasa 28-2-2023, seperti dikutip dari laman kemenag.go.id.

Selain itu, Wapres juga berharap pembukaan Masjid Raya Syeikh Zayed Solo untuk masyarakat umum ini, akan menambah kuat karakater masyarakat Islam yang baik akidahnya, serta berwatak keislaman, kebangsaan, dan keindonesiaan.

Baca Juga :   Masjid Sheikh Zayed belum Bisa untuk Sholat. Lho Kenapa?

“Saya ikut bersyukur atas pembukaan Masjid Raya Syeikh Zayed Solo ini, sekaligus juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Y.M. Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ),“ tutur Wapres.

“[Saya] mendoakan kepada segenap pengurus dan jajaran pengelola Masjid Raya Syeikh Zayed Solo untuk tetap sehat, semangat, dan istiqamah dalam menjalankan segala kegiatan dan program-program keagamaan, dakwah, dan, pemberdayaan umat, serta sosial kemasyarakatan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa Masjid Raya Syeikh Zayed Solo adalah simbol hubungan Indonesia dengan dunia Internasional yang sangat harmoni.

“Semoga kehadiran Masjid Syekh Zayed ini akan menambah semangat kita dalam merawat keberagamaan yang moderat dan toleran,” tuturnya.

Sebagai informasi, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque yang ada di Abu Dhabi. Masjid ini dibangun sebagai hadiah dari Presiden PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) untuk Indonesia.  Masjid Raya Sheikh Zayed ini dibangun di atas lahan seluas 3 hektar yang terletak di Jl. A. Yani No. 128, Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah dan dapat menampung sekitar 12.000 jamaah. Bangunan utama masjid seluas 8.400 m² dengan area landscape seluas 24.600 m² yang  dilengkapi lahan parkir seluas 3.500 m².

Baca Juga :   Berikut Foto-Foto Keindahan Masjid Sheikh Zayyed di Solo

Masjid yang sebelumnya telah diresmikan Presiden Joko Widodo dan Presiden MBZ pada Senin, 14 November 2022 yang lalu, tampak megah dan indah dengan empat menara yang menjulang tinggi, satu kubah utama yang dikelilingi dengan kubah-kubah kecil. Selain itu, masjid ini juga dihiasi ornamen khas Timur Tengah yang dipadukan dengan unsur Indonesia dalam bentuk motif batik di beberapa lokasi.

Sebagai hasil kerja sama dua negara, Masjid Raya Sheikh Zayed ini diharapkan dapat menjadi pembawa pesan Islam tentang perdamaian dan toleransi bagi semua kalangan masyarakat.

Mendampingi Wapres saat seremonial peresmian masjid, Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Indonesia Abdulla Salem Al Dhaheri, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, serta Imam Besar Masjid Sheikh Zayed K.H. Abdul Rozaq Shofawi.

Penulis : Syafik

Sumber : Kemenag.go.id, (EP/AS – BPMI Setwapres)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *