Mana yang Paling Miskin, Bojonegoro, Tuban, Lamongan atau Blora?

oleh
oleh
(Ilustrasi. Sumber : https://tubankab.go.id/page/profil-tuban)

Damarinfo.com – Salah satu prioritas pemerintah adalah menekan angka kemiskinan hingga batas terendah. Upaya untuk itu pun dilakukan oleh pemerintah, dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Termasuk di empat Kabupaten yang berdekatan ini, Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Blora.

Dari empat kabupaten tersebut siapa yang  paling miskin tahun 2022?

Buku Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota tahun 2022 menyajikan data 24 parameter  yang terkait dengan kemiskinan di Kabupaten/Kota di Indonesia. Dengan data dan infromasi di buku terbitan Badan Pusat Statistik (BPS) Republik  Indonesia, dapat digunakan untuk membandingkan satu kabupaten denga kabupaten yang lain.

Data BPS menyebutkan bahwa jumlah penduduk Kabupaten Bojonegoro tahun 2022 adalah 1.315.125 jiwa, jumlah penduduk Kabupaten Tuban 1.209.543 jiwa, jumlah penduduk Kabupaten Lamongan adalah 1.371.509 jiwa dan Jumlah penduduk Kabupaten Blora adalah 884.333 jiwa.

Baca Juga :   Genap 30 Tahun, MPS Kapas Bojonegoro Turut Kurangi Pengangguran dan Kemiskinan

Dari sisi jumlah penduduk miskin, Kabupaten Tuban menjadi Kabupaten dengan jumlah penduduk misin terbanyak, disusul Kabupaten Bojonegoro, berikutnya Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Blora adalah Kabupaten dengan jumlah penduduk miskin paling sedikit. Begitu juga dari persentase penduduk miskinnya, urutannya sama.

Baca Juga :   Dalam 5 Tahun (2018-2022) Persentase Penurunan Kemiskinan Bojonegoro Ke-2 Se Jatim. Benarkah?
(Tabel Data Kemiskinan Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Blora. Data diolah dari Buku Data dan Kemiskinan Kabupaten/Kota di Indonesia tahun 2022. BPS RI)

Dari lima parameter kemiskinan di atas terlihat bahwa Kabupaten Tuban adalah Kabupaten Paling miskin diantara empat Kabupaten lainya, disusul Kabupaten Lamongan, berikutnya Kabupaten Bojonegoro dan terakhirn Kabupaten Blora.

Berikut profil kemiskinan Kabupaten Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Blora;

(Tabel Data Kemiskinan Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Blora. Data diolah dari Buku Data dan Kemiskinan Kabupaten/Kota di Indonesia tahun 2022. BPS RI)

Penulis: Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *