Listrik Korsleting, Dua Rumah di Sroyo Ludes Terbakar

oleh
Tim Dinas Pemadam Kebakaran pos Baureno sedang memadamkan rumah milik Sabar dan Yunita, di Desa Sroyo, Kecamatan Kanor, Bojonegoro, Selasa 5-5-2020.Foto/dok.Damkar Bojonegoro

Bojonegoro-Dua rumah semi permanen di Desa Sroyo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro ludes terbakar pada Selasa –Mei-2020. Penyebabnya, diduga karena terjadi hubungan arus pendek atau korsleting di jaringan listrik rumah.

Dua rumah terbakar yaitu milik Sabar,64 tahun dan Yunita,35 tahun, keduanya warga RT 05/RW 02 Desa Sroyo, Kecamatan Kanor, Bojonegoro. Api menyala mulai pukul 12.30 WIB dan berhasil dipadamkan satu jam ke depan oleh tim Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro Pos Baureno. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam kasus ini. Kerugian akibat kebakaran ditaksir sebesar Rp 170 juta.

Kasus kebakaran berawal saat Sabar melihat ada percikan api dari dalam Yunita, anaknya yang tengah mengambil air wudlu. Rupanya api dari kabel jaringan rumah terus membesar. Akhirnya pemilik rumah berteriak minta tolong ke tetangga sekitar, bahwa telah terjadi kebakaran.

Kobaran api yang terus meninggi, membuat warga akhirnya melaporkan kejadian ini ke pihak Damkar Bojonegoro. Pelapor yaitu, Ketua RT Nur Muhammad, melaporkan telah terjadi kebakaran. Karena lokasinya berdekatan dengan Baureno, pihak Damkar Kota Bojonegoro meminta bantuan Pos Baureno.

Baca Juga :   Blora Proyeksikan Dua Wisata Jadi Destinasi New Normal Covid 19

Beberapa waktu kemudian dua unit mobil Damkar berikut 10 personel datang ke lokasi dan melakukan proses pemadaman. Sekitar pukul 14.30 WIB petugas pemadam berhasil memadamkan dua unit rumah yang jaraknya berjejer. Warga sekitar juga terlihat ikut membantu pemadaman.

Baca Juga :   Markas Besar Polri Distribusikan 2000 Paket Beras di Bojonegoro

Sejumlah surat-surat penting dan juga barang milik korban sebagian berhasil diselamatkan. Di antaranya gabah padi sebanyak 13 karung, juga surat-surat berharga milik korban. Juga sebagian meja dan kursi milik Sabar dan Yunita anaknya.

Menurut Kepala Bidang Pengendalian Kebakaran Damkar Bojonegoro Sukirno, penyebab kebakaran diduga berasal dari pertemuan arus pendek atau korsleting. Percikan apir dari kabel listrik terus membesar, terutama di beberapa rumah korban yang sebagian dari kayu.”Ya, dari arus pendek,” ujarnya dalam keterangannya Selasa 5-Mei-2020. Sukirno berpesan agar warga untuk berhati-hati.
Penulis : Sujatmiko/bahan Damkar Bojonegoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *